Sukses Tampilkan Aksi Terbaik di Peringatan HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta, Alutsista TNI AU Kembali ke Home Base  
Pesawat tempur Sukhoi SU-27 dan F-16 Fighting Falcon TNI AU melakukan dog fight saat (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta, Sabtu (5/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
17:08
7 Oktober 2024

Sukses Tampilkan Aksi Terbaik di Peringatan HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta, Alutsista TNI AU Kembali ke Home Base  

 

– Tampil apik dalam acara pucak HUT ke-79 TNI, ribuan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI telah kembali ke home base masing-masing. Termasuk ratusan alutsista milik TNI AU yang hadir dan tampil di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat pada Sabtu (5/10) akhir pekan lalu. 

Setelah sukses melaksanakan misi demo udara pada peringatan HUT Ke-79 TNI di Monumen Nasional, sejumlah alutsista TNI Angkatan Udara kembali ke home base masing-masing,” tulis TNI AU melalui akun media sosial resmi mereka.

Beberapa alutsista TNI AU yang kembali ke home base adalah pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14.

Kemudian pesawat tempur T-50i Golden Eagle yang sudah mendarat dengan selamat di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahyudi, Madiun. Selain itu ada juga, F-16 milik Skadron Udara 16 dan Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 yang bertolak menuju Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

”Pesawat tempur EMB-314 Super Tucano dari Skadron Udara 21 kembali ke home base-nya di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. Pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 juga telah mendarat di Lanud Supadio, Pontianak. Sedangkan pesawat tempur Sukhoi SU-27/30 dari Skadron Udara 11 telah kembali ke Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar,” jelas TNI AU.

Lebih lanjut, TNI Au menyampaikan bahwa pesawat-pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) KT-1 Wongbee dan Grob G-120TP juga sudah mendarat di Lanud Adisutjipto, Jogjakarta.

Sementara itu, helikopter EC-120B Colibri dari Skadron Udara 7 kembali ke Lanud Suryadarma, Subang.

Seluruh alutsista yang terlibat dalam demo udara tersebut sukses menjalankan misi dengan aman dan lancar. Kesuksesan demo udara tersebut diapresiasi oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono.

Orang nomor satu di TNI AU itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh kru, teknisi, dan pendukung yang telah melaksanakan tugas dengan sangat baik. 

”Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam demo udara selama HUT ke-79 TNI,” ucap KSAU.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #sukses #tampilkan #aksi #terbaik #peringatan #monas #jakarta #alutsista #kembali #home #base

KOMENTAR