Wapres Ma’ruf Amin Tiba di Yogyakarta Penuhi Undangan Dhaup Ageng Putra Bungsu Paku Alam X
Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan istri saat akan bertolak ke Yogyakarta dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (9/1/2024). (ANTARA/HO-BPMI Setwapres)
16:16
9 Januari 2024

Wapres Ma’ruf Amin Tiba di Yogyakarta Penuhi Undangan Dhaup Ageng Putra Bungsu Paku Alam X

Dhaup Ageng Pernikahan Putra Bungsu Paku Alam X, BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti akan berlangsung pada Rabu (10/1) besok.

Mengutip Radar Jogja, Selasa (9/1), acara pernikahan dan resepsi Dhaup Ageng Putra Bungsu Paku Alam X, disebut akan dihadiri berbagai pejabat negara.

Salah satunya yakni, Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin yang dipastikan hadir memenuhi undangan Pura Pakualaman.

"Wakil Presiden beserta istri sudah konfirmasi (untuk hadir)," kata Ketua Bidang II Panitia Dhaup Ageng, Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radyo Wisroyo, Selasa (9/1).

Menyadur dari Antara, Wapres RI Ma’ruf Amin pun telah terbang menuju Lanud TNI AU Adisucipto, Sleman dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menggunakan pesawat khusus kepresidenan Boeing 737 – 400 TNI AU.

Ia akan tiba di Lanud TNI AU Adisucipto diperkirakan pukul 15.05 dan akan disambut Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X dan istri, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi R., Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Komandan Pangkalan TNI AL Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita, serta Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Dedy Susanto.

Seusai beristirahat sejenak, Ma’ruf Amin dan Sri Sultan Hamengku Buwono X diagendakan menuju Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman untuk meninjau Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Program Pejuang Ekonomi Nusantara (PENA), Program Keluarga Harapan (PKH) Graduasi Pendampingan dan Stimulan Modal Usaha, dan Program Kredit Usaha Bersama.

Pada keesokan harinya lah, Wapres Ma’ruf Amin dijadwalkan menghadiri resepsi Dhaup Ageng Pura Pakualaman pada pukul 12.30 WIB dan dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Pukul 14.00 WIB.

Dalam rombongannya, Wapres Ma’ruf Amin akan didampingi Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi, Sapto Harjono W. S., Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi, Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum, Masykuri Abdillah, dan Tim Ahli Wapres, Farhat Brachma.

Dalam Dhaup Ageng Pura Pakualaman ini juga mengundang Presiden RI, Joko Widodo. Namun, berdasarkan informasi yang dibagikan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana, Presiden Jokowi tengah melakukan kunjungan ke tiga negara, yaitu Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Kunjungan tersebut akan dilakukan pada 9 – 14 Januari dengan agenda melakukan kunjungan balasan. Selain itu, di sela-sela kunjungannya Presiden Jokowi juga akan menghadiri pernikahan Putra Sultan Brunei Darussalam, Pangeran Mateen.

"Sifatnya kunjungan bilateral kenegaraan untuk memenuhi undangan Sultan Brunei dan membalas (kunjungan) Sultan Brunei ke Indonesia," kata Ari Dwipayana.

Pernikahan Pangeran Mateen dan tunangannya, Anisha Isa Kalebic dikabarkan akan digelar selama 10 hari pada 7 – 16 Januari.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #wapres #maruf #amin #tiba #yogyakarta #penuhi #undangan #dhaup #ageng #putra #bungsu #paku #alam

KOMENTAR