Presiden Jokowi Akan Putari Monas untuk Cek Ribuan Prajurit dalam Acara Puncak Peringatan HUT ke-79 TNI di Monas
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Komandan Upacara Mayjen TNI Djon Afriandi memeriksa pasukan dalam gladi bersih Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
13:16
4 Oktober 2024

Presiden Jokowi Akan Putari Monas untuk Cek Ribuan Prajurit dalam Acara Puncak Peringatan HUT ke-79 TNI di Monas

 

- TNI menggelar seratus ribu pasukan di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. Seluruhnya disiapkan untuk hadir dalam acara puncak peringatan HUT ke-79 TNI besok (5/10).

Dalam acara tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkeliling mengitari Monas untuk memeriksa pasukan yang berbaris mengelilingi Monas. 

Keterangan itu disampaikan secara langsung oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto pada Jumat (4/10). Satu per satu dari ribuan pasukan yang digelar di Monas akan diperiksa oleh presiden.

”Presiden Republik Indonesia sebagai inspektur upacara akan memeriksa pasukan, memutar di Monas,” kata jenderal bintang dua TNI AD tersebut. 

Tidak seperti peringatan HUT TNI tahun-tahun sebelumnya yang hanya menggunakan salah satu sisi Monas, kali ini TNI menggelar pasukan di sekeliling monumen tersebut. Tidak kurang pasukan dari 22 batalyon akan berjajar di sekeliling Monas.

”Intinya besok adalah upacara parade, kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi defile dan setelah itu ada lanjutannya lagi pesta rakyat, makan gratis, pembagian sembako,” ucap Kapuspen. 

Hariyanto memastikan bahwa mobil yang akan digunakan oleh Presiden Jokowi untuk memeriksa pasukan di sekeliling Monas sudah disiapkan oleh Mabes TNI.

”Seperti biasa mobil standar untuk Kepresidenan itu sudah ada protokol tegap dan cukup lama upacaranya karena mengecek satu putaran Monas,” terang dia. Pasukan yang akan diperiksa oleh presiden berasal dari beberapa komando utama tiga matra TNI. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #presiden #jokowi #akan #putari #monas #untuk #ribuan #prajurit #dalam #acara #puncak #peringatan #monas

KOMENTAR