Tim SAR Gabungan Tutup Operasi Bencana Longsor di Solok, Sebanyak 13 Korban Meninggal Dunia
Proses evakuasi korban bencana longsor di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. (Basarnas)
19:32
29 September 2024

Tim SAR Gabungan Tutup Operasi Bencana Longsor di Solok, Sebanyak 13 Korban Meninggal Dunia

Operasi SAR korban longsor di Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat resmi ditutup pada Minggu (29/9). Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Padang Abdul Malik menyampaikan hal itu kepada awak media melalui keterangan video yang diterima oleh JawaPos.com pada Minggu petang. 

Berdasar data yang berhasil dihimpun oleh Tim SAR Gabungan, jumlah total korban akibat bencana longsor tersebut mencapai 25 orang. Sebagian besar diantaranya meninggal dunia.

”Seluruh korban bencana longsor telah ditemukan, berjumlah 25 orang. Dengan keterangan 13 orang meninggal dunia dan 12 orang selamat,” ungkap Abdul Malik. 

Khusus korban selamat, Abdul Malik menyampaikan bahwa sebagian dari 12 orang korban yang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat masih menjalani perawatan medis di rumah sakit. Atas laporan terbaru dari Tim SAR Gabungan di lapangan, Kantor SAR Padang berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mengevaluasi operasi SAR yang sudah dilakukan tiga hari belakangan. 

”Hasil dari evaluasi tersebut, operasi SAR diputuskan untuk ditutup karena tidak ada laporan warga atas kehilangan keluarganya akibat longsor di Solok,” terang dia kepada awak media. 

Meski demikian, Abdul Malik menyampaikan bahwa Kantor SAR Padang membuka posko untuk menerima laporan dari masyarakat terkait dengan bencana longsor di Solok. ”Apabila ada warga kehilangan (keluarganya), operasi SAR akan dibuka kembali,” tegas dia. Bencana longsor tersebut terjadi setelah Solok diguyur dengan hujan intensitas tinggi.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #gabungan #tutup #operasi #bencana #longsor #solok #sebanyak #korban #meninggal #dunia

KOMENTAR