Mau Sosialisasi Kebijakan Pakai Lenong Betawi, RK: Pidato Melulu Capek
Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK), mendatangi Sanggar Oplet Betawi di Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur pada Rabu (25/9/2024). (Suara.com/Fakhri)
05:04
26 September 2024

Mau Sosialisasi Kebijakan Pakai Lenong Betawi, RK: Pidato Melulu Capek

Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK), mengaku ingin membuat terobosan dalam sosialisasi kebijakan pemerintah ke masyarakat jika jadi gubernur. Salah satunya dengan memanfaatkan kesenian betawi seperti pertunjukan lenong.

Ridwan Kamil mengaku terinspirasi hal ini usai menonton pertunjukan kesenian betawi berupa tarian dan lenong di Sanggar Oplet Robet di Pinang Ranti, Jakarta Timur, Rabu (25/9/2024). Eks Gubernur Jawa Barat itu merasa kesenian betawi harus dilestarikan dan diperluas.

"Saya kebetulan mau menyampaikan sebuah isi hati yang luar biasa. Per malam ini, di tanggal 25 ini saya tercerahkan oleh sebuah suasana yang luar biasa," ujar RK.

"Insyaallah tanggal 25 September ini di kepala saya, di hati saya punya komitmen akan memperluas lenong seperti ini dengan model dari Sanggar Oplet Robet ini selama lima tahun ke seluruh penjuru Jakarta," lanjutnya.

Baca Juga: Ziarah Makam Pahlawan Hingga Tokoh Betawi, Ridwan Kamil Ngaku Belajar Soal Ini

Lewat hiburan, maka sosialisasi kebijakan tidak akan terasa membosankan dan lebih bisa diterima masyarakat. Apalagi, jika hanya menyampaikan lewat pidato, maka akan terasa capek.

"Tadi saya juga bisik-bisik, saya bilang cara paling mudah menyosialisasikan program pemerintah adalah cara hiburan. Betul? Pidato sudah capek," ucapnya.

"Sambil lihat liburan kita berantas yg nama pinjol. Sambil nonton lenong kita berantas namanya judol judi online. Sambil pentas tadi kita sosialisasikan program RW yang berdaya dan lain sebagainya," tambahnya.

Kemudian, ia juga berencana memasukan pelajaran kesenian betawi ke sekolah-sekolah di Jakarta. Nantinya, para pengajarnya merupakan seniman dari sanggar budaya betawi.

"Kita akan pikirkan masuk juga pentas di sekolah-sekolah sehingga anak-anak sekolah kita latih, siapa gurunya? semua yang ada di tempat ini adalah calon guru-guru pelestari budaya Betawi," pungkasnya.

Baca Juga: Hari Pertama Kampanye, RK-Suswono Ziarah Ke Makam MH Thamrin Hingga Benyamin Sueb

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #sosialisasi #kebijakan #pakai #lenong #betawi #pidato #melulu #capek

KOMENTAR