Usai Dibebaskan, Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Diterbangkan ke Jakarta Menggunakan Pesawat TNI AU
Pesawat TNI AU membawa pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens dari Timika ke Jakarta. (Kodam XVII/Cenderawasih)
14:56
21 September 2024

Usai Dibebaskan, Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Diterbangkan ke Jakarta Menggunakan Pesawat TNI AU

- Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Hariyanto memastikan bahwa Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens akan langsung dibawa ke Jakarta. Warga negara Selandia Baru yang menjadi sandera Organisasi Papua Merdeka (OPM) sejak 7 Februari 2023 itu akan diterbangkan langsung dari Bumi Cenderawasih hari ini, Sabtu (21/9).

Hariyanto menyampaikan hal itu saat diwawancarai oleh JawaPos.com melalui pesan WhatsApp. ”Transit Makassar lanjut ke Halim,” ungkap Hariyanto.

Berdasar informasi dari Kodam XVII/Cenderawasih, Philip diterbangkan dari Timika ke Jakarta menggunakan pesawat angkut milik TNI AU. Persisnya pesawat Angkut Intai dengan nomor ekor AI-7301.

Pesawat tersebut take off dari Timika sekitar pukul 15.45 WIT atau 13.45 WIB. Dengan estimasi waktu tempuh enam jam dan transit di Makassar, diperkirakan pesawat yang mengangkut Philip sudah mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu malam sekitar pukul 19.30 WIB - 20.00 WIB.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Infanteri Kurniawan saat dikonfirmasi oleh JawaPos.com menyampaikan bahwa pesawat yang membawa Philip dari Jakarta baru saja lepas landas. ”Iya, dibawa ke Jakarta. (Jam) 15.27 WIT boarding, jam 15.45 WIT takeoff,” kata perwira menengah dengan dua kembang di pundak itu.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #usai #dibebaskan #pilot #susi #philip #mark #mehrtens #diterbangkan #jakarta #menggunakan #pesawat

KOMENTAR