Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Rudi Puruwito: Pembebasan Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens Merupakan Buah Kerja Sama Semua Pihak
Pilot Susi Air Kapten Phillip Mark Mehrtens (kiri) saat melakukan video call bersama keluarga di Bali dari Timika, Papua Tengah, Sabtu (21/9/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Papua)
14:32
21 September 2024

Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Rudi Puruwito: Pembebasan Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens Merupakan Buah Kerja Sama Semua Pihak

- Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Rudi Puruwito menyampaikan bahwa keberhasilan membebaskan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens merupakan buah kerja sama semua pihak. Dia menyatakan bahwa selama ini aparat keamanan TNI, Polri, dan instansi lainnya tidak berhenti berusaha membebaskan Philip dari Organisasi Papua Merdeka.

Philip menjadi sandera OPM sejak 7 Februari 2023. Dia dibawa oleh OPM setelah mendaratkan pesawat Susi Air di Nduga, Papua Pegunungan. Pasca penyerangan dan penyanderaan Philip, TNI dan Polri langsung mengambil langkah untuk membebaskan warga negara Selandia Baru tersebut. Ikhtiar itu dilakukan lewat berbagai cara.

”Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung misi kemanusiaan ini, sehingga kini pilot (Susi Air Philip Mark Mehrtens) sudah berhasil diselamatkan,” ungkap Rudi.

Jenderal bintang dua TNI AD itu menyatakan bahwa sejak awal yang menjadi prioritas bagi aparat keamanan adalah menyelamatkan Philip. Target itu akhirnya tercapai pada Sabtu (21/9). Philip bebas dari tangan OPM dan akan dikembalikan kepada keluarganya. Karena itu, Rudi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat.

Mulai tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, sampai tokoh pemuda. Semua yang terlibat dalam penyelamatan Philip mendapat ucapan terima kasih dari Pangdam XVII/Cenderawasih. Dia memastikan saat ini keadaan Philip stabil, sehat, dan baik-baik saja. Petugas sudah memeriksa kejiwaan maupun fisik Philip.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #pangdam #cenderawasih #mayjen #rudi #puruwito #pembebasan #pilot #susi #kapten #philip #mark #mehrtens #merupakan #buah #kerja #sama #semua #pihak

KOMENTAR