Detail-Detail Keunggulan UAV DID 3.11, Drone Multifungsi Buatan Dalam Negeri yang Bisa Jadi Drone Kombatan untuk TNI
UAV DID 3.11 dipotret dari berbagai sisi. (PT LEN Industri)
11:32
20 September 2024

Detail-Detail Keunggulan UAV DID 3.11, Drone Multifungsi Buatan Dalam Negeri yang Bisa Jadi Drone Kombatan untuk TNI

PT LEN Industri baru saja meluncurkan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau drone. Peluncuran drone yang diberi nama UAV DID 3.11 itu berlangsung di tengah-tengah event Bali International Air Show 2024.

Mereka mengklaim drone buatan dalam negeri itu memiliki banyak keunggulan dan bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan, baik surveillance maupun kombatan. Detail-detail drone tersebut ditunjukkan dalam pameran kedirgantaraan yang dihelat di Pulau Dewata tersebut. 

Fisiknya memang tidak terlalu besar. Namun, tampilannya tampak menarik dengan kelir dominan putih dan beberapa aksen merah.

Logo DEFEND ID sebagai holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) industri pertahanan (inhan) menempel di bagian sisi kanan. Juga nama drone multifungsi tersebut, DID 3.11.

Dalam keterangan resminya, PT LEN Industri sebagai induk BUMN inhan menyampaikan bahwa drone tersebut memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya adalah:

Kemampuan Multifungsi

UAV DID 3.11 dirancang untuk dilengkapi dengan berbagai sensor canggih. UAV tersebut mampu menjalankan berbagai misi dengan efektif dan efisien.

Endurance yang efektif

Dengan kemampuan terbang di atas sepuluh jam, UAV DID 3.11 dapat melakukan misi dalam jangka waktu yang lebih panjang sehingga lebih efektif dalam menjalankan misi. 

Kemampuan operasional yang efisien

UAV DID 3.11 memiliki kemampuan take-off dan landing otomatis, kemudahan pengoperasian, mobilisasi yang ringkas dan jenis bahan bakar yang umum. UAV DID 3.11 efisien dalam operasional maupun penggelarannya. Selain itu, biaya operasional menggunakan UAV lebih ekonomis jika dibandingkan dengan pesawat udara konvensional. 

UAV DID 3.11 merupakan drone buatan PT LEN Industri yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 45 persen.

Bagi inhan pelat merah tersebut,  hadirnya UAV DID 3.11 adalah tonggak sejarah. Produk itu diyakini cocok untuk memenuhi kebutuhan TNI, utamanya dalam misi surveillance, search and rescue, dan patroli udara. 

 

Editor: Bayu Putra

Tag:  #detail #detail #keunggulan #drone #multifungsi #buatan #dalam #negeri #yang #bisa #jadi #drone #kombatan #untuk

KOMENTAR