4.483 Rumah Warga Terdampak Gempa magnitudo 4.9 di Kabupaten Bandung, 534 di Antaranya Rusak Berat
Kondisi salah satu rumah yang mengalami kerusakan cukup parah pascagempa di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (19/9/2024). (ANTARA/Rubby Jovan)
13:24
19 September 2024

4.483 Rumah Warga Terdampak Gempa magnitudo 4.9 di Kabupaten Bandung, 534 di Antaranya Rusak Berat

– Sebanyak 4.483 rumah warga terdampak gempa berkekuatan magnitudo 4.9 yang melanda wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9).

“Hingga hari ini pukul 08.00 WIB, total rumah terdampak berjumlah 4.483 unit yang tersebar di enam kota dan kabupaten,” kata Pranata Humas Ahli Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) Hadi Rahmat di Kabupaten Bandung, Kamis (19/9) sebagaimana dilansir dari Antara.

Hadi mengatakan bahwa hingga saat ini BPBD dari kabupaten/kota masih melakukan identifikasi. Baik pada tingkat kerusakan maupun pendataan dampak lain pascagempa.

"Rincian 4.483 rumah berdasarkan tingkat kerusakannya, yakni 534 rumah rusak berat, 476 rumah rusak sedang, 1.015 rumah rusak ringan, dan 2.458 rumah terdampak," katanya.

Dari jumlah itu, lanjut Hadi, kerusakan terbanyak terjadi di Kabupaten Bandung sebanyak 3.283 rumah. Kemudian Kabupaten Garut 1.195 rumah, Kabupaten Bandung Barat 3 rumah, serta Kota Cimahi, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bogor masing-masing 1 rumah.

“Pada rumah terdampak, BPBD Jabar masih menunggu informasi dari BPBD di tingkat kota maupun kabupaten untuk menentukan tingkat kerusakannya,” kata dia.

Setelah pendataan rampung, BPBD Jabar dan kabupaten/kota akan mulai memperbaiki fasilitas umum. Juga membersihkan material dampak dari gempa serta memperbaiki rumah warga yang rusak.

Selain tempat tinggal atau rumah, gempa bumi itu juga merusak sejumlah fasilitas publik. Seperti tempat ibadah, sekolah, perkantoran, rumah sakit, dan puskesmas.

BPBD juga mencatat jumlah korban luka sebanyak 82 orang. Terdiri dari 81 orang di Kabupaten Bandung dan 1 orang di Kabupaten Garut.

“Dengan rincian 59 warga mengalami luka ringan dan 23 orang luka berat. Hingga kini tidak ada laporan adanya korban jiwa dampak gempa bumi tersebut,” jelas Hadi.

Untuk warga yang mengalami luka berat, kata dia, saat ini sudah dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan. “Korban yang tertimpa reruntuhan sudah dilarikan ke RS Bedas Kertasari dan Puskesmas Kertasari,” imbuhnya.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #4483 #rumah #wargaterdampak #gempa #magnitudo #kabupaten #bandung #antaranya #rusak #berat

KOMENTAR