Arti Fafa dalam Berbagai Bahasa dan Budaya, Apa Kata Orang Filipina Jika Tahu Akun Diduga Milik Gibran?
ilustrasi kamus, arti kata (Pexels)
09:08
19 September 2024

Arti Fafa dalam Berbagai Bahasa dan Budaya, Apa Kata Orang Filipina Jika Tahu Akun Diduga Milik Gibran?

Kata "Fufu fafa" ramai dibicarakan di media sosial dan menjadi tren. Kata tersebut berkaitan dengan isu politis karena terkait dengan nama akun diduga milik Gibran Rakabuming Raka anak Jokowi di salah satu platform media sosial. Lantas, apa arti fafa dalam berbagai bahasa dan budaya?

Di Indonesia, kata fafa sangat jarang, bahkan hampir tidak pernah digunakan dalam percakapan sehari-hari, sehingga banyak orang penasaran tentang makna dan artinya. Namun dalam beberapa bahasa dan budaya selain Indonesia, arti kata Fafa cukup beragam.

Berikut penjelasan kata atau istilah fafa artinya dalam berbagai bahasa dan budaya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Arti Fafa dalam Berbagai Bahasa dan Budaya

Mengutip situs Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fafa artinya adalah tanah milik masyarakat menurut hukum adat (di daerah Aru); tanah ulayat.

Baca Juga: Cek Fakta: Habis Kesabaran, Prabowo Tindak Serius Hinaan Gibran Terhadap Anaknya

Namun, arti kata fafa juga memiliki makna lain di beberapa bahasa dan budaya di negara lain, yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Populer Lewat Acara Komedi Selandia Baru

Mengutip dari Dictionary.com, fafa adalah kata tidak bermakna yang memparodikan bahasa Prancis. Kata ini juga bisa menjadi bentuk kesayangan dari ayah atau papa.

Fafa dipopulerkan pada tahun 2007 berkat duo komedi Selandia Baru dan acara Flight of the Conchords. Dalam sebuah episode di mana salah satu dari pasangan tersebut mencoba untuk mengesankan seorang gadis, mereka menyanyikan sebuah lagu berjudul "Foux Du Fafa".

Liriknya terdiri dari ekspresi bahasa Prancis tingkat pemula yang acak sementara bagian reffrainnya merangkai suku kata yang terdengar seperti bahasa Prancis, yaitu "Foux du fa fa / Foux du fa fa fa fa/ Foux du fa fa /Ah ee ah."

Foux du fafa tidak memiliki arti sebenarnya dalam bahasa Prancis, mirip dengan "crazy about the fafa." Meskipun demikian, parodinya terhadap bahasa tersebut dan persepsi penutur bahasa Inggris tentangnya, à la frou-frou dan fifi, membuat penonton tertawa.

Baca Juga: Apa Arti Nebeng Menurut KBBI? Roy Suryo Sentil Logika Kaesang Terbalik saat Klarifikasi Jet Pribadi

Di luar Flight of the Conchords, fafa memiliki beberapa arti penting lainnya. Fafa dapat menjadi pengulangan bahasa bayi untuk ayah, mirip dengan dada atau papa.

Arti Fafa dalam Bahasa Cina

Dalam bahasa Cina, fafa dapat diartikan sebagai "bunga". Kata aslinya adalah "hua hua" ( ), namun kata tersebut akan terdengar seperti "fafa" jika diucapkan dengan nada yang lucu atau imut.

Arti Fafa dalam Bahasa Afrika

Fafa dalam bahasa Afrika berarti kedamaian. Kata fafa kerap diberikan kepada anak perempuan dan paling banyak digunakan oleh suku Ewe di Ghana. Dalam tradisi Ewe, anak-anak kecil terkadang diberi nama berdasarkan keadaan kelahiran mereka.

Nama Fafa diberikan oleh orang tua kepada anaknya dengan tujuan untuk menjadi mercusuar harapan orang tua sekaligus untuk menyambut kelahiran yang bahagia.

Arti Fafa dalam Budaya Filipina dan Samoa

Beberapa orang dalam budaya LGBTQ+ Filipina menggunakan fafa sebagai sebutan sayang untuk kekasih laki-laki, berdasarkan kata papa, dan penggunaan fafa sebagai nama panggilan untuk ayah secara umum umum di antara beberapa orang Filipina.

Di media sosial, fafa terkadang digunakan sebagai singkatan atau nama panggilan sayang untuk ayah seseorang, terutama di kalangan anak muda, yang sering kali merupakan keturunan Filipina.

Dalam budaya Samoa, Fafa terkadang digunakan sebagai singkatan untuk Fa‘afafine, nama jenis kelamin ketiga yang merujuk pada seseorang yang lahir laki-laki tetapi dibesarkan sebagai perempuan.

Fafa juga digunakan dalam percakapan sehari-hari dan tulisan dalam berbagai konteks subkulturalnya, baik dalam merujuk pada Fafa Filipina atau fafa Samoa.

Demikianlah penjelasan mengenai arti fafa dalam berbagai bahasa dan budaya. Bagaimana jadinya jika orang Filipina mendengar kabar hebohnya akun Fufufafa yang diduga milik Gibran Rakabuming ini?

Kontributor : Dini Sukmaningtyas

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #arti #fafa #dalam #berbagai #bahasa #budaya #kata #orang #filipina #jika #tahu #akun #diduga #milik #gibran

KOMENTAR