KPK Belum Tahu Pemilik Jet Pribadi yang Ditumpangi Kaesang dan Erina Gudono ke AS
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berjalan usai memberikan klarifikasi terkait jet pribadi di Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (17/9/2024). (Fedrik Tarigan/ Jawa Pos)
09:24
18 September 2024

KPK Belum Tahu Pemilik Jet Pribadi yang Ditumpangi Kaesang dan Erina Gudono ke AS

  - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku belum mengetahui scara pasti pemilik pesawat jet pribadi yang ditumpangi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat perjalanan ke Amerika Serikat (AS), pada 18 Agustus 2024.    Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menyatakan, pihaknya hanya mengetahui bahwa Kaesang bersama istrinya, Erina Gudono yang juga mengajak staf dan kakak istrinya saat menebeng pesawat jet pribadi ke AS. Kaesang menebeng temannya yang berinisial S.   "Kami enggak tahu nih, benar enggak nama lengkapnya ini, siapa ini orang, WNI atau WNA atau apa gitu. Dibilang pesawat punya siapa juga nanti kita konfirmasi lagi," kata Pahala di Gedung ACLC KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (17/9).  

  Pahala mengungkapkan, pihaknya akan mendalami peran teman Kaesang, berinisial Y. Menurutnya, apakah dia ikut dalam penerbangan ke AS itu.   "Enggak disebut detail siapa, cuma nama gitu ya, kami enggak enggak tahu. Inisial Y kalau enggak salah depannya," tegas Pahala.   Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep sebelumnya enggan mengungkap sosok rekannya, yang memiliki pesawat jet pribadi atau privat jet. Hal ini setelah Kaesang mendatangi KPK terkait dugaan penerimaan gratifikasi jet pribadi.   Sebab, Kaesang mengaku dirinya bersama sang istri Erina Gudono menebeng rekannya saat perjalanan ke Amerika Serikat (AS).   "Saya menyampaikan informasi mengenai perjalanan saya ke AS yang menumpang atau nebeng temen saya," ungkap Kaesang di Gedung ACLC KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (17/9).   Kaesang menekankan, kedatangan dirinya merupakan inisiatif pribadi. Ia mengaku ingin berkonsultasi terkait dugaan tumpangan privat jet tersebut.   "Saya minta arahan dan nasehat dari KPK," ucap Kaesang.  

  Senada juga disampaikan juru bicara Kaesang, Francine Widjojo. Ia menyerahkan terkait polemik penggunaan privat jet oleh Kaesang ke KPK.   "Tadi sudah disampaikan ke KPK, nanti bisa dikonfirmasi saja ke sana," ujar Francine.   Francine juga enggan menjelaskan, apakah ada tawaran atau justru Kaesang yang mengajukan diri untuk bisa menumpangi privat jet tersebut.   "Nebeng aja, itu kan diskusi antar teman saja," pungkas Francine.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #belum #tahu #pemilik #pribadi #yang #ditumpangi #kaesang #erina #gudono

KOMENTAR