Sebelum Pelantikan Presiden Terpilih, Megawati Dipastikan Ketemu Prabowo, PDIP Gabung?
Ketua DPP PDIP Said Abdullah. [Suara.com/Bagaskara]
19:28
17 September 2024

Sebelum Pelantikan Presiden Terpilih, Megawati Dipastikan Ketemu Prabowo, PDIP Gabung?

Pertemuan politik antara Ketua Umum Parta Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto hanya menunggu waktu. Kepastian tersebut disampaikan Ketua DPP PDIP Said Abdullah.

Ia memastikan pertemuan tersebut akan dilakukan sebelum pelantikan 20 Oktober 2024 nanti.

"Pertemuan Ibu ketua umum dengan Bapak Prabowo Presiden terpilih ini hanyalah menunggu momentum hari-hari. Karena pelantikan tanggal 20 Oktober sudah di depan mata kita bersama," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

"Kita semua bersiap-siap untuk menyembut Presiden terpilih, Dilantik tanggal 20 Oktober. Dan insyaAllah sebelum pelantikan, Ibu Megawati akan bertemu dengan Bapak Prabowo."

Baca Juga: Akui Punya Komunikasi yang Baik dengan PDIP, Gerindra Bicara Kemungkinan Merangkul untuk Pemerintahan Prabowo

Pertemuan tersebut, menurut Said tidak hanya melulu terkait dengan kemungkinan bergabungnya PDIP berada di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan.

"Tidak ada, ketika kedua pemimpin bangsa seperti mana saya sampaikan, bertemu berdua, tiba-tiba kita datang pada kesimpulan bahwa PDI Perjuangan melunak, kemudian masuk ke dalam," ujarnya.

"Atau kedua pemimpin bangsa bertemu tapi PDI Perjuangan tetap di luar. Maka kesimpulan itu tahan dulu," sambungnya.

Ia mengatakan, jika ke dua tokoh tersebut bertemu maka harus dibiarkan untuk menyatukan visi bersama untuk bangsa Indonesia.

"Kita menunggu bagaimana kedua beliau ini menyamakan visinya ke depan merawat Indonesia, memajukan Indonesia, memakmurkan kita semua, rakyat Indonesia. Kalau itu punya kesamaan, insyaallah kami melihatnya bagi PDI Perjuangan, baik di dalam maupun di luar sama saja," katanya.

Baca Juga: Pertemuan Prabowo dan Megawati Bawa Indonesia Lebih Maju? Ini Analisis Pengamat

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Ahmad Muzani mengatakan bahwa pihaknya memiliki komunikasi yang bagus dengan PDI Perjuangan (PDIP).

Ia lantas bicara soal kemungkinan PDIP merapat dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Ya komunikasi kami dengan PDIP kan bagus, baik lancar, ada pendekatan dan cara yang mungkin berbeda tetapi sering kali tujuan kita sama," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Ia mengatakan, kalau pun setiap ada perbedaan sebenarnya merupakan cara mulia untuk mencapai tujuan yang sama.

"Kita tidak ketemu di jalan tapi ketemu di perempatan, sering kali begitu, jadi sebenernya perbedaan itu hanya sebuah cara bagaimana tujuan mulia itu dicapai," ujarnya.

Sementara itu di sisi lain, saat ditanya apakah akan mengajak PDIP bergabung ke pemerintahan Prabowo, Muzani tak memungkiri jika pemerintahan Prabowo ingin merangkul.

"Kita ingin agar pemerintahan pak prabowo-gubran lebih efektif. Dan situasi lebih kondusif, kerukanan, persahabatan bisa tercipta. Karena itu kekuatan parpol sebanyak-banyaknya mungkin akan kita rangkul dan dekati untuk menciptakan suasana politik yang lebih konfusif dan baik," katanya.

Dengan kekuatan yang besar, kata dia, akan ada ketenagan dalam pemerintahan ke depan.

"Supaya pemerintahannya lebih tenang, rakyatnya bisa lebih temang sehingga afa pertumbuhan ekonomi lebih baik, afa pergerakan masyarakat yang lebih baik, lebih optimis dan lebih yakin menatap masa depan," katanya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #sebelum #pelantikan #presiden #terpilih #megawati #dipastikan #ketemu #prabowo #pdip #gabung

KOMENTAR