Ingin Tiru Bali, Ridwan Kamil Mau Bikin Gapura Tiap Gang Di Jakarta
Bakal Calon Gubernur (Bacagub) DKI Jakarta, Ridwan Kamil (RK). (Suara.com/Fakhri)
21:40
16 September 2024

Ingin Tiru Bali, Ridwan Kamil Mau Bikin Gapura Tiap Gang Di Jakarta

Bakal Calon Gubernur (Bacagub) DKI Jakarta, Ridwan Kamil (RK) mengaku ingin membangun gapura di tiap jalan menuju kampung-kampung yang ada di Jakarta. Hal ini bertujuan menonjolkan budaya Betawi di lingkungan masyarakat.

Dengan pendirian gapura, maka suasana budaya Betawi akan semakin terasa. Ridwan Kamil mengaku ingin meniru Bali yang sudah melakukan cara serupa.

"Ada visual dari kebudayaan Betawi, di mana nanti tiap jalan ke kampung -kampung akan ada gapura, dengan gapura khas Betawi. Supaya kayak di Bali, oh ini kan feel like Bali. Hari ini kan enggak ada," ujar RK di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (16/9/2024).

Dia bilang, pembuatan gapura ini termasuk dalam rencana program bernama Gerakan Membangun Budaya Betawi alias Gerbang Betawi. Dalam kebijakan ini, nantinya ia akan memberi beasiswa pada para siswa yang menggiati budaya Betawi.

Baca Juga: Target Ridwan Kamil Menang Telak Satu Putaran, Bakal Contek Kampanye 'Oke Gas' Ala Prabowo-Gibran

"Pendidikan afirmasi anak-anak Betawi dikasih beasiswa, dibedakan pintunya. Dua, budaya keseniannya dan pendidikan karakternya dihadirkan di kurikulum sekolah," jelasnya.

Kemudian, ia akan melestarikan berbagai situs sejarah dan budaya khas Betawi, serta menjadikannya sebagai destinasi budaya.

"Saya sudah melakukan itu dulu. Ketiga, secara situs-situs yang perlu direstalikan, sebagai destinasi budaya, kayak Setu Babakan akan kita perbaiki," katanya.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #ingin #tiru #bali #ridwan #kamil #bikin #gapura #tiap #gang #jakarta

KOMENTAR