Panglima TNI Mutasi 130 Pati, Laksamana Pertama TNI Arya Delano Jabat Dalantamal V Surabaya
Kolonel Laut (P) Arya Delano saat masih bertugas sebagai Komandan Resimen AAL pada April 2022. Kini dia mendapat kenaikan pangkat menjadi pati bintang satu TNI AL. (TNI AL)
22:32
12 September 2024

Panglima TNI Mutasi 130 Pati, Laksamana Pertama TNI Arya Delano Jabat Dalantamal V Surabaya

- Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan penyegaran jabatan untuk sejumlah posisi penting di matra darat, laut, dan udara. Sebanyak 130 perwira tinggi (pati) TNI mendapat mutasi, rotasi, dan promosi.

Untuk promosi, sejumlah perwira mendapat kenaikan pangkat setingkat. Ada yang dari perwira menengah (pamen) menjadi pati. Salah satunya Kolonel Laut (P) Arya Delano yang dipercaya menjadi komandan Lantamal V Surabaya. Atas penugasan baru ini, Arya Delano mengalami kenaikan pangkat menjadi Laksamana Pertama TNI. Dia akan menyandang pangkat bintang satu di pundak dan memegang tongkat komando di Lantamal V Surabaya.

”Kolonel Laut (P) Arya Delano dari Dandenma Mabesal menjadi Danlantamal V Surabaya,” ungkap Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto. Arya menggantikan Brigjen TNI (Mar) Joni Sulistiawan yang mendapat tugas baru sebagai direktur latihan pada Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AL (Kodiklatal).

Kolonel Arya menjadi salah satu dari 39 pati TNI AL yang masuk gerbong mutasi dan rotasi melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1080/IX/2024. Melalui surat keputusan tersebut, Jenderal Agus merombak beberapa posisi penting.

”Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 130 pati TNI. Terdiri atas 68 pati TNI AD, 39 pati TNI AL, dan 23 pati TNI AU,” ungkap kapuspen TNI.

Sebelum mendapat kepercayaan menjadi komandan Lantamal V Surabaya yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur, Arya pernah bertugas di beberapa posisi. Salah satunya Komandan Resimen Taruna Akademi Angkatan Laut (ALL). Saat bertugas di sana, Arya pernah ditunjuk menjadi pemimpin upacara pelantikan perwira TNI - Polri di Istana Merdeka. Saat itu, dia sempat dihampiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #panglima #mutasi #pati #laksamana #pertama #arya #delano #jabat #dalantamal #surabaya

KOMENTAR