Sempat Jadi Anak Buah Menhan Prabowo di Kemhan, Mayjen TNI Mohammad Fadjar Dipercaya Menjadi Dankodiklat TNI
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Armed 4/Parahyangan dari Letkol Arm Debi Irawan kepada Mayor Arm Januar Idrusdi. (Kodam III/Siliwangi)
21:24
12 September 2024

Sempat Jadi Anak Buah Menhan Prabowo di Kemhan, Mayjen TNI Mohammad Fadjar Dipercaya Menjadi Dankodiklat TNI

 

- Dalam daftar 130 perwira tinggi (pati) TNI yang dipindah tugaskan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1080/IX/2024, ada nama Mayjen TNI Mohammad Fadjar.

Saat ini jenderal bintang dua TNI AD itu bertugas sebagai panglima Kodam  III/Siliwangi. Dia merupakan salah seorang pati TNI AD yang pernah menjadi anak buah Menteri Pertahanan (Mehhan) Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Dalam keterangan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto kepada awak media di Jakarta pada Kamis sore (12/9), Mayjen Fadjar mendapat tugas baru menjadi komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Kodiklat) TNI.

”Mayjen TNI Mohammad Fadjar dari Pangdam III/Siliwangi menjadi Dankodiklat TNI,” ungkap kapuspen TNI. Dengan penugasan baru tersebut Fadjar mendapat kenaikan pangkat. 

Saat ini, Fadjar masih menyandang dua bintang di pundak. Nantinya, alumni Akademi Militer (Akmil) 1993 itu akan naik pangkat menjadi pati bintang tiga atau letjen TNI. Sebagai pengganti Fadjar, panglima TNI juga sudah menunjuk pati Angkatan Darat lainnya.

”Mayjen TNI Dadang Arif Abdurachman dari Koorsahli Panglima TNI menjadi Pangdam III/Siliwangi,” terang kapuspen TNI. Sebelum dipercaya menjadi komandan Kodiklat TNI, Fadjar menduduki beberapa posisi. 

Termasuk diantaranya jabatan panglima Kodam III/Siliwangi. Posisi itu dia isi sejak 8 Maret 2024. Artinya, dia baru setengah tahun menjadi orang nomor satu di Kodam III/Siliwangi. Pada laman resmi Kodam III/Siliwangi, sebelum dipercaya oleh panglima TNI untuk memimpin komando utama tersebut, Mayjen Fadjar pernah bertugas sebagai Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirjen Pothan Kemhan). 

Serupa dengan Menhan Prabowo, Fadjar juga berlatar belakang prajurit pasukan khusus di Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Fadjar tercatat pernah bertugas sebagai Komandan Batalyon 23 Grup 2 Kopassus, Komandan Grup 1 Kopassus, serta Komandan Pusdikpassus Kopassus. Lewat surat keputusan yang ditandatangani oleh panglima TNI pada 11 September 2024, dia menggantikan Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #sempat #jadi #anak #buah #menhan #prabowo #kemhan #mayjen #mohammad #fadjar #dipercaya #menjadi #dankodiklat

KOMENTAR