Antisipasi Situasi Memburuk di Lebanon, KRI Diponegoro-365 Latihan Evakuasi Pasukan TNI
Prajurit TNI AL di KRI Diponegoro-365 melaksanakan Latihan Rencana Kontijensi TNI. (Dispenal)
18:56
12 September 2024

Antisipasi Situasi Memburuk di Lebanon, KRI Diponegoro-365 Latihan Evakuasi Pasukan TNI

KRI Diponegoro-365 melaksanakan Latihan Rencana Kontijensi TNI di Dermaga Beirut, Lebanon. Latihan tersebut mereka lakukan di tengah-tengah misi Satuan Tugas (Satgas) MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL.

Langkah tersebut diambil karena situasi Lebanon saat ini masih rawan terkendali dan masih mungkin terjadi eskalasi konflik.

Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu menyampaikan bahwa latihan tersebut dilakukan dengan tujuan melatih rencana kontijensi yang telah disusun, sekaligus meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi berbagai situasi di Lebanon, terutama saat konflik semakin meningkat. 

”Materi yang dilatihkan antara lain pertahanan pangkalan, lawan sabotase bawah air, embarkasi-debarkasi, dan Force Protection,” ungkap dia.

Letkol Wirastyo mengungkapkan bahwa latihan tersebut merupakan bentuk latihan apabila situasi sudah dinyatakan memburuk. Kemudian ada perintah untuk penarikan mundur atau evakuasi pasukan Satgas TNI yang berada di Lebanon melalui jalur laut. Kondisi itu bisa saja terjadi bila jalur udara di Bandara Rafic Hariri tidak dapat dioperasionalkan dan jalur darat dinyatakan tidak aman.

”Latihan yang dilaksanakan oleh KRI Diponegoro-365 ini selaras dengan visi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yaitu TNI PRIMA, yang salah satunya TNI harus profesional dalam menghadapi perkembangan situasi yang kompleks dan dinamis terutama di daerah operasi Lebanon,” kata Wirastyo. 

Terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan,  seluruh prajurit Jalasena yang tengah menjalankan misi perdamaian dunia untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan. ”Serta melatih kemampuannya untuk menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks,” imbuh KSAL.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #antisipasi #situasi #memburuk #lebanon #diponegoro #latihan #evakuasi #pasukan

KOMENTAR