Blak-blakan Pramono Anung: Sempat Bidik Iko Uwais jadi Ketua Tim Pemenangan Gegara Betawi Asli
Bakal calon gubernur Jakarta Pramono Anung saat wawancara khusus dengan Suara.com. (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)
11:40
11 September 2024

Blak-blakan Pramono Anung: Sempat Bidik Iko Uwais jadi Ketua Tim Pemenangan Gegara Betawi Asli

Bakal calon gubernur Jakarta, Pramono Anung, blak-blakan bahwa tidak hanya Lies Hartono atau Cak Lontong yang ditargetkan untuk menjadi ketua tim pemenangan Pramono-Rano Karno. Di luar nama komedian tersebut, ada nama aktor laga yang juga diincar.

Aktor tersebut adalah Iko Uwais. Pesilat yang sekaligus pemain film ini juga sempat ditargetkan untuk menjadi tim pemenangan.

Pramono mengatakan bahwa sejak awal dia bersama Rano Karno atau Bang Doel memang sudah menginginkam Cak Lontong untuk memimlin tkm pemenangan. Tetapi selain Cak Lontong, nama lain yang menjadi target utama adalah Iko Uwais.

"Cak Lontong jadi target utamanya. Kalau mau jujur sebenarnya target utamanya ada dua nama. Cak Lontong sama Iko Uwais," kata Pramono dalam wawancara ekslusif bersama di kediamannya di Jakarta Selatan, Selasa (10/9/2024).

Baca Juga: RK Janji Kucurkan Ratusan Juta ke Tiap RW, Ahok Sindir: Pak Pramono Juga Akan Begitu

Pramono mengungkapkan mengapa Iku Uwais menjadi target untuk ditunjuk sebagai ketua tim pemenangan. Latar belakangan suami dari Audy Item ini yang menjadi alasan utama. Iko merupakan orang Betawi asli.

"Karena kami tahu butuh satu figur orang Betawi asli, Iko Uwais Betawi asli," kata Pramono.

Selain karena orang Betawi asli, latar belakang Iko sebagai pesilat juga jadi alasan. Maknanya, Pramono-Rano ingin tim pemenangan juga dipimpin orang yang memiliki mental bertarung. Mengingat Pramono memiliki lawan yang berat, yakni Ridwan Kamil-Suswono yang didukung gabungan 13 partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

"Kedua, pesilat. Jadi melawan begitu banyak itu butuh pesilat yang bisa silat kanan, silat kiri, dan sebagainya. Terutama silat lidah, kan gitu," ujar Pramono.

"Jadi itu lah yang menjadi pemikiran saya dan Bang Doel," sambung Pramono.

Baca Juga: Beda Pramono-RK Saat Kunjungi Rumah Jusuf Kalla: Hampir Sama, Cuma Ini Lebih Enak

Pramono-Rano sudah sampai membuka komunikasi dengan Iko dan ia menyatakan siap membantu. Hanya saja, jadwal syuting yang padat membuat Iko tidak tergabung dalam tim kampanye, terutama ikut memimpin tim tersebut.

Biodata Lengkap Iko Uwais (Instagram/@iko.uwais)Lengkap Iko Uwais (Instagram/@iko.uwais)

"Tapi sayangnya Iko Uwais walaupun mau untuk membantu tapi dia baru pulang ke Jakarta, 4 Oktober karena lagi syuting di China, lagi main film di China," kata Pramono.

Alasan Pilih Cak Lontong

Pramono-Rano pada akhirnya memutuskan Cak Lontong yang memang sudah ditargetkan dari awal untuk menjadi ketua tim pemenangan. Alasannya, Pramono-Rano ingin menekankan politik gagasan, politik riang gembira, dan politik tanpa beban dalam mengikuti kontestasi dan kampanye kelak di Pilkada Jakarta.

"Maka ketika saya dan Bang Doel berdiskusi, saya terpikir Cak Lontong," kata Pramono.

Pemilihan Cak Lontong juga mengandung makna plurarisme yang ada di Jakarta. Jakarta merupakan kota bagi semua, di mana beragam masyarakat dari banyak suku dan beda budaya berkumpul menjadi satu di sebuah kota.

"Jadi representasi dari warga di Jakarta ini kan ada mas, ada bang, ada cak, ada kang, ada juga aa. Yaudah daripada susah-susah ambil aja Cak Lontong yang orang juga tahu sangat cerdas, smart, dan beliau juga pemimpin yang baik sehingga saya dan Bang Doel memutuskan Cak Lontong," kata Pramono.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #blak #blakan #pramono #anung #sempat #bidik #uwais #jadi #ketua #pemenangan #gegara #betawi #asli

KOMENTAR