Satgas TNI Habema Tangkap Satu Anggota OPM di Kabupaten Intan Jaya, berawal dari Pemeriksaan Kendaraan
Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyatakan sudah merncanakan penyerangan itu sejak jauh-jauh hari.
09:56
11 September 2024

Satgas TNI Habema Tangkap Satu Anggota OPM di Kabupaten Intan Jaya, berawal dari Pemeriksaan Kendaraan

– Panglima Komando Operasi TNI Habema Brigjen TNI Lucky Avianto menyatakan bahwa anak buahnya berhasil menangkap seorang anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Melalui keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com pada Rabu (11/9), Lucky mengungkapkan bahwa penangkapan dilakukan pada Senin (9/9) di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah

Lucky menyampaikan bahwa perintah penangkapan tersebut diteruskan kepada Satuan Tugas (Satgas) TNI di Distrik Sugapa, setelah Komando Operasi TNI Habema melihat perkembangan situasi.

Penangkapan bermula dari pemeriksaan kendaraan, penumpang, dan barang yang melintas di wilayah Distrik Sugapa.

Pemeriksaan dilakukan dengan pendekatan humanis. Sampai pukul 09.40 WIT, mereka menghentikan sepeda motor berikut pengemudinya. 

Berdasar hasil pemeriksaan, ditemukan sejumlah foto dokumentasi yang dibawa oleh pengemudi sepeda bernama Ruben Zanambani.

Foto-foto tersebut memperlihatkan kegiatan beberapa orang kelompok OPM yang sedang membawa senjata api laras panjang dengan lokasi di Kampung Titigi, Distrik Sugapa.

Mendapati dokumentasi tersebut, maka para Prajurit TNI mengarahkan Ruben ke Pos Pemeriksaan untuk dimintai keterangan lebih lanjut hingga berita ini diturunkan.

”Tindakan tegas para Prajurit TNI di Kampung Titigi dalam melaksanakan pengamanan wilayah yang di antaranya berhasil menangkap seorang anggota OPM,” kata Lucky. 

Dia menegaskan, pelaksanaan tugas oleh Satgas TNI di Papua merujuk Instruksi Presiden (Inpres) Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua. Pelaksananya adalah para prajurit TNI di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah.

”Ini merupakan upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi kelancaran percepatan pembangunan di wilayah Papua,” tegas Lucky.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #satgas #habema #tangkap #satu #anggota #kabupaten #intan #jaya #berawal #dari #pemeriksaan #kendaraan

KOMENTAR