Jelang Lengser dari Jabatan Menteri, Ini Pesan Sandiaga ke Anak Buahnya di Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Suara.com/Lilis Varwati)
17:56
10 September 2024

Jelang Lengser dari Jabatan Menteri, Ini Pesan Sandiaga ke Anak Buahnya di Kemenparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno undang para penggerak desa wisata dari sepuluh daerah yang menerima manfaat program kampanye Sadar Wisata 5.0 tahun 2024.

Forum tersebut sekaligus untuk menegaskan kolaborasi pentahelix yang melibatkan perwakilan berbagai stakeholder kepariwisataan dan desa wisata binaan. Sandi menegaskan forum itu menjadi penting, mengingat dirinya akan segera lengser sebagai Menparekraf kurang dari dua bulan lagi. 

"Saya selalu bilang kelemahan pemerintah itu begitu ganti pemerintahan, ganti kebijakan, ganti menteri, ganti prioritas. Ini kita inovasikan dengan bentuk kolaborasi, sehingga ini pentahelix nggak berganti," kata Sandi temui usai acara forum Kampanye Sadar Wisata 5.0 di kantor Kemenparekraf di Jakarta, Selasa (10/9/2024). 

Sandiaga mengaku telah berpesan kepada bawahannya melalui Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan agar kegiatan Kampanye Desa Wisata tersebut bisa terus dilanjutkan, meskipun nanti Menparekraf telah berganti. 

Baca Juga: Akun Fufufafa Diduga Gibran Komentar Rasis ke Warga Papua, Veronica Koman Murka!

"Sehingga bisa terus bisa menjadi efek daripada ekonomi sirkulan yang terus berkelanjutan dan dijaga, dikawal oleh para pentahelix," imbuhnya.

Program tersebut, kata Sandi, bertujuan untuk memberikan kesempatan dan ruang kepada desa untuk menjalin kerja sama dengan unsur pentahelix dalam pengembangan desa wisata. Dengan begitu, harapannya pengembangan dan pembangunan desa wisata dapat berkelanjutan.

Kolaborasi pentahelix yang dimaksud merupakan kerjasama antara desa wisata dengan melibatkan pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat, serta media. 

“Desa wisata bukan hanya sekadar destinasi wisata baru, tetapi juga lokomotif penggerak pembangunan ekonomi di daerah, sekaligus menjadi wadah pelestarian budaya dan lingkungan,” ujar Sandi.

Program Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0 tahun 2024 menuntaskan rangkaian kegiatan di berbagai desa wisata di 6 Destinasi Pariwisata Prioritas, yaitu Borobudur Yogyakarta Prambanan, Bromo Tengger Semeru, Danau Toba, Lombok, Labuan Bajo, dan Wakatobi.  

Baca Juga: Bantah Anak Buahnya Pukul Mahasiswa usai Selfie dengan Jokowi, Danpaspampres: Bila Ingin Foto Presiden, Jangan Ngotot!

Sementara itu, pada forum KSW 5.0 di Jakarta, Sandi juga memberikan penghargaan atas tiga desa wisata terbaik 2024 di antaranya, Desa Wisata Sanankerto di Kabupaten Malang, Jawa Timur; Desa Wisata Ranupani di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur; dan Desa Wisata Jagalan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #jelang #lengser #dari #jabatan #menteri #pesan #sandiaga #anak #buahnya #kemenparekraf

KOMENTAR