Detik-Detik Kapal Selam KRI Cakra-401 Muncul dalam Sailing Pass Armada Kapal Perang TNI AL di Teluk Jakarta
KRI Cakra-401 sebagai salah satu alutsista TNI AL muncul dalam peringatan HUT ke-79 TNI AL. (Syahrul Yunizar/JawaPos.com)
17:32
10 September 2024

Detik-Detik Kapal Selam KRI Cakra-401 Muncul dalam Sailing Pass Armada Kapal Perang TNI AL di Teluk Jakarta

 

-  Angkatan Laut mengerahkan puluhan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang mereka miliki dalam peringatan HUT ke-79 TNI AL di Perairan Teluk Jakarta pada Selasa (10/9).

Salah satunya kapal perang strategis, kapal selam KRI Cakra-401. JawaPos.com turut menyaksikan detik-detik munculnya kapal selam tersebut.

Usai melaksanakan upacara peringatan HUT ke-79 TNI AL, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tony Harjono menyaksikan sailing pass alutsista TNI AL.

KRI Cakra-401 sebagai salah satu alutsista TNI AL muncul dalam peringatan HUT ke-79 TNI AL. (Syahrul Yunizar/JawaPos.com)

Dari rencana awal menghadirkan 33 KRI, dalam sailing pass yang disertai rintik hujan itu, total ada 38 KRI yang dilibatkan dalam sailing pass tersebut. ”Dan juga hadir kapal selam KRI Cakra-401,” ungkap Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali kepada awak media di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

KRI Cakra-401 merupakan salah satu kapal selam legendaris milik TNI AL. Kapal selam buatan Jerman itu sudah puluhan tahun berdinas di TNI AL. Persisnya sejak 1981. Meski termasuk kapal selam lama, namun KRI Cakra-401 tetap diandalkan oleh Angkatan Laut. KRI Cakra-401 menjadi salah satu dari empat kapal selam yang dimiliki oleh Angkatan Laut. Nama KRI Cakra-401 juga tidak sembarangan, diambil dari senjata tokoh pewayangan.

Dalam peringatan HUT ke-79 TNI AL di Perairan Teluk Jakarta, KRI Cakra-401 menampakkan diri tempat di sebelah kiri lampung KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992. Kapal selam itu tampak berlayar dari lambung kanan kapal, kemudian muncul ke permukaan di lambung kiri kapal. Munculnya kapal selam itu ke permukaan kemudian disambut oleh panglima TNI, kapolri, KSAL, KSAD, KSAU, dan seluruh tamu undangan lainnya.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #detik #detik #kapal #selam #cakra #muncul #dalam #sailing #pass #armada #kapal #perang #teluk #jakarta

KOMENTAR