Tak Hanya Abdee Slank, Ini Sejumlah Pejabat yang Pilih Mundur untuk Dukung Ganjar-Mahfud
Abdee Slank (Dok.JawaPos.com)
08:24
22 Januari 2024

Tak Hanya Abdee Slank, Ini Sejumlah Pejabat yang Pilih Mundur untuk Dukung Ganjar-Mahfud

      - Dukungan untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD terus bermunculan. Tak hanya memberi dukungan, sejumlah pejabat negara rela mengundurkan diri demi berjuang bersama Ganjar-Mahfud untuk memenangkan Pilpres 2024.   Terkini, mundurnya Abdi Negara yang akrab disapa Abdee Slank dari jabatan komisaris di PT Telkom Tbk untuk mendukung Ganjar-Mahfud. Abdee mengaku sudah menyerahkan surat pengunduran diri.   “Per hari Jumat kemarin jam 5 sore saya sudah melayangkan surat pengunduran diri," kata Abdee di markas Slank, Jalan Potlot III, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Sabtu (20/1).   Abdee menyatakan, pilihannya mundur dari posisi komisaris perusahaan pelat merah tersebut adalah untuk menghormati aturan dan etika.   “Biar tidak ada dusta di antara kita, saya sudah melayangkan surat pengunduran diri,” tegas Abdee.   Menurutnya, langkah itu merupakan bagian dari perjuangan Slank yang sejak 2014, yang konsisten dan berkomitmen mendukung reformasi di Indonesia.    Dengan mendukung Ganjar-Mahfud, kata Abdee, dia berharap segala praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme hilang dari Indonesia sebagaimana cita-cita reformasi.    “Kita juga harus menjaga demokrasi dan menurut kami yang paling tepat untuk itu adalah Pak Ganjar dan Pak Mahfud," tegaz Abdee.  

  Pengunduran diri Abdee dari posisi komisaris BUMN, menambah daftar panjang daftar para pejabat yang melepas posisinya untuk bergabung ke barisan pendukung Ganjar-Mahfud. Berikut ini para pejabat negara yang memilih mengundurkan diri untuk mendukung Ganjar-Mahfud:   1. Andi Widjajanto   Andi Widjadjanto sebelumnya adalah Gubernur Lembaga Perhanan Nasional (Lemhanas) sejak 2022. Dia mengundurkan diri dari posisinya begitu diminta membantu Ganjar di Tim Pemenangan Nasional (TPN).   Andi mengumumkan pengunduran diri dari posisi Gubernur Lemhanas pada Senin, 16 Oktober 2023. Andi Widjajanto bergabung ke dalam TPN Ganjar-Mahfud sebagai Deputi 5.0    “Pada saat TPN didaftarkan ke KPU, saya mengundurkan diri sebagai Gubernur Lemhannas. Prosesnya akan diserahkan sepenuhnya kepada Bapak Presiden melalui Menteri Sekretaris Negara," ujar Andi saat itu.   Andi mengatakan, satu-satunya alasan dia mengundurkan diri adalah untuk menjaga netralitas Lemhannas dan memastikan lembaga ini tidak terlibat dalam politik praktis. Dengan demikian, diharapkan Lemhanas terus dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.   2. Eko Sulistyo
   Eko Sulistyo merupakan mantan aktivis yang kemudian mendapat mandat menjadi Komisaris PT PLN Tbk sejak 16 Oktober 2020.    Eko mengirimkan surat pengunduran diri ke Kementerian BUMN, sejak 26 Oktober 2023, setelah mengaku sehari sebelumnya mendapat informasi soal penunjukannya menjadi Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud.   Eko mengatakan, pengunduran dirinya ini sesuai aturan yang berlaku terkait komisaris di perusahaan pelat merah ketika menjadi tim sukses salah satu kandidat di kontestasi demokrasi.   3. Henry Yosodiningrat   Henry Yosodiningrat sebelumnya adalah Komisaris Mitratel atau PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk, anak usaha PT Telkom Indonesia sejak 22 April 2022. Dia mengumumkan pengunduran dirinya pada 1 Desember 2023.   Pengunduran diri ini diakui karena mendapat arahan langsung dari calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, untuk memperkuat struktur Deputi Hukum TPN Ganjar Mahfud.    4. Andi Gani   Andi Gani Nena Wea mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Komisaris PT Pembangunan Perumahan Tbk pada 24 November 2023 setelah sembilan tahun menjabat. Ia menegaskan, pengunduran diri itu untuk memberikan dukungan secara total kepada Ganjar-Mahfud.   “Ini adalah pilihan perjuangan pribadi saya karena akan mendukung total Ganjar Pranowo-Mahfud MD,” tegas Andi Gani saat mengumumkan pengunduran dirinya.

Editor: Kuswandi

Tag:  #hanya #abdee #slank #sejumlah #pejabat #yang #pilih #mundur #untuk #dukung #ganjar #mahfud

KOMENTAR