Terowongan Hamas di Gaza Disebut Sangat Luas, Rumit, dan Kompleks, Zionis Israel Tak Akan Paham
Mantan tawanan Israel, Adina Moshe, menyebut terowongan Hamas di Gaza sangat luas dan rumit. IDF tak akan paham. (Tangkap layar Palestine Chronicle) 
10:43
9 September 2024

Terowongan Hamas di Gaza Disebut Sangat Luas, Rumit, dan Kompleks, Zionis Israel Tak Akan Paham

- Mantan tawanan Israel, Adina Moshe, mengungkapkan Dinas Keamanan Internal Israel, Shin Bet, telah memintanya untuk membuat sketsa peta terowongan Hamas di Gaza, Palestina.

Moshe diketahui dibebaskan melalui pertukaran tahanan.

Shin Bet juga mengakui mereka hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang terowongan Hamas.

Moshe menceritakan, setelah pembebasannya, penyelidik Shin Bet mengunjunginya, menanyakan informasi tentang jaringan terowongan Gaza.

Moshe menambahkan, kekuatan militer Zionis Israel saja tidak akan cukup untuk memulihkan tahanan Israel.

Ia juga dilaporkan mengkritik Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, dan militer Israel.

Moshe menyebut mereka tidak mengerti tentang sistem terowongan luas yang digunakan oleh Perlawanan Palestina di Gaza, dikutip dari Palestine Cronicle.

Selama protes yang mendesak kesepakatan pertukaran tahanan baru dengan Gaza, Moshe menceritakan bagaimana penyelidik Shin Bet memintanya untuk menjelaskan tampilan, struktur, dan tata letak terowongan Gaza.

Menurut laporan, permintaan ini menunjukkan kepadanya, Dinas Keamanan Israel kurang memiliki pengetahuan yang signifikan tentang sistem terowongan.

Moshe dilaporkan mengatakan kepada penyelidik, terowongan tersebut adalah labirin bawah tanah yang sangat besar.

Bukan hanya sebuah terowongan tunggal, tetapi jaringan kompleks yang terdiri dari lorong-lorong yang tak terhitung jumlahnya.

Ketika diminta untuk menggambar peta terowongan, Moshe mengatakan dia bukan seorang seniman.

Namun, Moshe lebih jauh menggarisbawahi keyakinannya, pihak berwenang Israel tidak memiliki pemahaman substansial tentang jaringan terowongan tersebut.

The New York Times baru-baru ini melaporkan terowongan Gaza menimbulkan tantangan besar bagi militer Israel, dan menyebutnya sebagai inti strategi kelangsungan hidup Hamas.

Selain itu, pejabat intelijen Israel memperkirakan sekitar 160 kilometer terowongan terletak di bawah Khan Yunis, kota terbesar kedua di Gaza di selatan.

(Tribunnews.com/Garudea Prabawati)
 

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #terowongan #hamas #gaza #disebut #sangat #luas #rumit #kompleks #zionis #israel #akan #paham

KOMENTAR