Khutbah Jumat, 31 Januari 2025: Menghargai Penyandang Disabilitas
Adapun teks khutbah Jumat ini dirilis oleh Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama dalam rangka Hari Internasional Persaudaraan Manusia yang diperingati setiap 4 Februari.
Ada dua teks khutbah Jumat yang dapat dibacakan ketika khutbah salat Jumat pada 31 Januari 2025 dan 7 Februari 2025.
"Sebagai dukungan atas peringatan tersebut, sebagaimana tahun lalu, kami terbitkan edaran yang mengimbau para khatib Jumat untuk menyampaikan pesan-pesan persaudaraan manusia (ukhuwah insaniyah) pada dua pelaksanaan salat Jumat pada 31 Januari 2025 dan 7 Februari 2025," ujar Dirjen Bimas Islam Abu Rokhmad di Jakarta, Rabu (29/1/2025), dikutip dari kemenag.go.id.
Contoh teks khutbah Jumat ini bertema Gerak Bersama Memberdayakan Penyandang Disabilitas untuk Masa Depan yang Inklusif dengan judul "Menghargai Penyandang Disabilitas".
Khutbah Jumat, 31 Januari 2025: Menghargai Penyandang Disabilitas
Khutbah Pertama
إِنَّ الحَمْدَ لِله، نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُه، ونَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلَا هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أنْ لَا إلهَ إلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى هَذا النَّبِيِّ الكَرِيمِ، سَيِّدنَا مُحَمَّد، وَعَلَى آلِهِ وَأصْحَابِهِ الطَّيِّبِينَ الطَّاهِرِينَ. أمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ الله.. أُوصِيكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهَ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ. قَال تَعَالَى في كِتابِهِ الكَريم، أَعُوذُ بِاللهِ مِنْ الشَّيْطانِ الرَّجِيم: ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ﴾. صدق الله العظيم. وبعدPada hari yang mulia ini, khatib mengingatkan diri sendiri dan mengajak kita semua untuk terus meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt. Selawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw. beserta keluarga, sahabat, dan seluruh pengikutnya hingga akhir zaman.
Jamaah Jumat rahimakumullah,
Salah satu hal penting dan mendasar yang harus kita pahami terkait saudara-saudara kita penyandang disabilitas, bahwa mereka adalah bagian dari kita dan kita juga bagian dari mereka. Dalam sebuah tatanan masyarakat bangsa, mereka dan kita adalah sama-sama unsur yang penting. Adalah hak mereka, dan kewajiban negara atau kita semua, untuk memperoleh lingkungan yang mendukung dan menyediakan kesempatan seluas-luasnya untuk maju, berkembang, dan berkontribusi pada masyarakat dan bangsanya seperti halnya orang lain.
Islam memberikan perhatian dan kepedulian yang besar terhadap penyandang disabilitas. Baik ayat Al-Qur’an, sabda Nabi Muhammad saw., maupun praktik hidup beliau, semuanya menunjukkan adanya kewajiban kita terhadap saudara-saudara yang menyandang disabilitas agar mereka dapat menjalani kehidupan yang bermartabat seperti orang lain. Salah satunya adalah tidak memandang rendah mereka. Allah Swt. memperingatkan agar kita tidak mengejek atau merendahkan mereka, sebagaimana firman-Nya:
﴿يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مِّنْهُمْ﴾Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan itu) lebih baik daripada mereka (yang mengolok-olok). (QS Al-Hujurat [49]: 11)
Bahkan, sering kali orang-orang yang dianggap lemah, tak berdaya, kurang mampu, atau dianggap rendah itu justru memiliki keutamaan tersendiri yang tidak dimiliki kelompok masyarakat yang lain. Dalam hal ini Rasulullah saw. bersabda:
هَلْ تُنْصَرُونَ، وَتُرْزَقُونَ إِلَّا بِضُعَفَائِكُمْArtinya: Bukankah kalian diberi pertolongan dan rezeki berkat orang-orang lemah di antara kalian? (HR Bukhari)
Dalam riwayat Nasa’i disebutkan dengan redaksi yang sedikit berbeda, “Sesungguhnya Allah menolong umat ini berkat orang-orang lemah, berkat doa-doa mereka, berkat salat-salat mereka, dan berkat keikhlasan mereka.” Dulu, ketika akan dilakukan pembagian rampasan perang (ganimah), ada seorang Sahabat yang bertanya kepada Rasulullah saw., “Apakah orang yang melindungi kaumnya, membentengi saudara-saudaranya dalam perang mendapat bagian yang sama dengan orang lain yang biasa-biasa saja?” Rasulullah saw. menjawab, “Sama.” Lalu beliau mengucapkan hadis di atas.
Itu mengandung arti, seperti dijelaskan oleh para pensyarah hadis, kalau orang-orang kuat memiliki kelebihan dalam hal keberanian bertempur dan berperang sehingga membawa kemenangan bagi umat, orang-orang lemah juga memiliki kelebihan berkat doa tulus mereka. Boleh jadi, kemenangan yang diperoleh umat Islam dalam perang-perangnya sepanjang sejarah justru berkat doa tulus orang-orang lemah itu, bukan semata-mata karena keberanian orang-orang yang kuat. Boleh jadi juga, kemenangan saudara-saudara kita di Gaza dan beberapa tempat lainnya, itu berkat doa-doa tulus dari orang-orang yang lemah.
Jamaah Jumat rahimakumullah,
Ihwal perhatian Islam terhadap penyandang disabilitas ini bahkan sampai membuat Allah Swt. menegur Nabi Muhammad saw., kekasih tersayang-Nya, hamba terbaik-Nya. Ketika Abdullah bin Ummi Maktum, seorang yang tunanetra bertanya kepada Rasulullah saw. tentang suatu hal, Rasulullah saw. tidak langsung menanggapinya karena memang sedang menerima tamu pembesar-pembesar Quraisy yang diharapkan akan menerima dakwah Rasul dan berpengaruh membawa kaumnya memeluk Islam. Namun, sikap Nabi saw. itu ditegur oleh Allah, karena dinilai kurang memperhatikan Abdullah bin Ummi Maktum yang tunanetra dan lebih memperhatikan pembesar-pembesar Quraisy. Turunlah kemudian firman Allah Swt.:
﴿عَبَسَ وَتَوَلَّى* أَنْ جَاءَهُ الْأَعْمَى* وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّهُ يَزَّكَّى* أَوْ يَذَّكَّرُ فَتَنْفَعَهُ الذِّكْرَى* أَمَّا مَنِ اسْتَغْنَى* فَأَنْتَ لَهُ تَصَدَّى﴾ [عبس:1-6]،Artinya: Dia (Nabi Muhammad) berwajah masam dan berpaling, karena seorang tunanetra (Abdullah bin Ummi Maktum) telah datang kepadanya. Tahukah engkau (Nabi Muhammad) boleh jadi dia ingin menyucikan dirinya (dari dosa), atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran sehingga pengajaran itu bermanfaat baginya? Adapun orang yang merasa dirinya serba cukup (para pembesar Quraisy), engkau (Nabi Muhammad) memberi perhatian kepadanya. (QS ‘Abasa [80]: 1-6).
Ada pelajaran penting dan hikmah besar yang dapat kita tarik dari sini, yaitu bahwa Islam mengajarkan kita untuk menjaga kehormatan, martabat, kesetaraan, keadilan, dan perasaan di antara kita, termasuk terhadap saudara-saudara kita para penyandang disabilitas.
Pada bagian lain, Al-Qur’an menyatakan bahwa kita semua berasal dari ayah dan ibu yang sama, lalu diciptakan berbeda-beda bangsa, warna kulit, bahasa, dan lain sebagainya. Akan tetapi, perbedaan itu bukan menjadi alasan bahwa yang satu lebih tinggi daripada yang lain, atau yang satu boleh mengejek dan merendahkan yang lain. Sama sekali bukan itu maksud perbedaan. Orang yang paling mulia di sisi Allah bukan ditentukan oleh warna kulitnya, melainkan oleh ketakwaannya kepada Allah Swt.
﴿ياَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْاۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ﴾Artinya: Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti. (QS Al-Hujurat [49]: 13).
Ayat ini turun, seperti disebutkan oleh Al-Baghawi dalam tafsirnya, untuk merespons sikap orang-orang kafir Quraisy saat itu yang mengolok-olok dan merendahkan Bilal bin Rabah. Seusai mengumandangkan azan, orang-orang kafir Quraisy mengejeknya dengan mengatakan, “Apakah Muhammad tidak memiliki orang lain selain gagak hitam ini untuk mengumandangkan azan?” Ayat di atas turun untuk merespons ejekan orang-orang kafir Quraisy, sebagai pembelaan terhadap Bilal dan orang-orang sepertinya yang direndahkan. Bahkan lebih dari itu, ayat ini juga bermaksud untuk mengangkat harkat manusia secara umum yang hanya dipandang mulia di sisi Allah karena ketakwaannya.
Selain itu, Nabi Muhammad saw. juga mengingatkan para sahabat agar tidak mudah menertawakan atau meremehkan orang lain yang memiliki keterbatasan atau cacat fisik. Diceritakan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, bahwa ‘Abdullah bin Ma’sud suatu ketika pernah diminta oleh Rasulullah untuk memetik ranting pohon yang akan digunakannya bersiwak. Ketika ia telah menaiki pohon tersebut, angin yang cukup kencang berhembus dan membuat pakainnya tersingkap. Ketika itu, dua betis ‘Abdullah bin Ma’sud yang kecil tampak terlihat oleh sahabat-sahabat Nabi yang sedang berada di sekitar tempat itu. Menurut para sahabat nabi itu, ukuran kaki ‘Abdullah bin Ma’sud terlihat aneh, terlalu kecil, tidak seproporsional ukuran kaki orang pada umumnya.
Melihat tingkah para sahabat yang menertawakan kaki ‘Abdullah bin Ma’sud, Nabi saw. lalu bertanya, “Apa yang kalian tertawakan?” Para sahabat kemudian menjawab, “Duhai Rasulullah, kami menertawakan kaki kecil ‘Abdullah bin Ma’sud itu.” Mendengar jawaban itu, Rasulullah saw. marah lalu mengatakan, “Demi Zat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh kedua betis ‘Abdullah bin Mas’ud di hari Kiamat nanti akan lebih berat timbangannya dari gunung Uhud.”
Berkat penghormatan Islam dan masyarakat Muslim terhadap penyandang disabilitas, banyak di antara mereka yang berhasil menjadi ulama besar dan penerang umat. Untuk sekadar menyebut contoh, ada Al-A’masy (seorang pakar hadis dari Kufah, Irak) yang mengalami rabun mata pada kedua matanya sejak masih kecil. Ada Imam Qalun (muridnya Imam Nafi’, seorang ahli qira’at Qur’an) yang mengalami gangguan pendengaran cukup parah. Ada Atha’ bin Abi Rabah (ulama besar) yang berkulit hitam, berhidung pesek, dan cacat kaki. Dan lain sebagainya.
Perhatian terhadap saudara-saudara penyandang disabilitas tidak hanya harus diberikan oleh kita sebagai individu, tetapi juga oleh negara, oleh lembaga-lembaga sosial. Dalam sejarah Islam, Khalifah Umar bin Khattab r.a. dicatat sebagai khalifah yang memberikan perhatian besar secara kelembagaan negara kepada kelompok penyandang disabilitas, orang-orang lemah, dan anak-anak dengan memberikan jatah uang tambahan bagi mereka dari kas negara atau Baitul Mal.
Selain Khalifah Umar bin Khattab, beberapa pemerintahan atau kekhalifahan berikutnya juga melakukan hal yang sama. Khalifah Walid bin Abdul Malik, misalnya, membangun rumah sakit khusus bagi penderita penyakit kusta. Ia juga memberikan layanan satu orang pembantu bagi setiap orang yang lumpuh dan tidak lagi mampu berjalan. Sementara Khalifah Al-Ma’mun pada masa yang lain membangun panti khusus bagi penyandang tunanetra, perempuan-perempuan tua yang sudah lemah dan tak berdaya.
بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي القُرْآنِ العَظِيمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الحَكِيمِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ العَلِيمُ. أقُولُ قَوْلِي هذا وَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيمَ لِي وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُورُ الرَّحِيمُ.Khutbah Kedua
الحمد لله على إحسانه، والشُّكر له على توفيقه وامتنانه، وأشهد أن لا إله إلا الله وحدَه لا شريك له تعظيمًا لشأنه، وأشهد أنَّ محمَّدًا عبده ورسوله الداعي إلى رضوانه، صلَّى الله علي سَيِّدنَا مُحَمَّد وعلى آله وصحابته وسلَّم تسليمًا كثيرًا. أمَّا بعدُ، فيا عباد الله... اتَّقوا الله ولا تموتنَّ إلا وأنتم مسلمون، واعتَصِموا بحبل الله جميعًا ولا تفرَّقوا، واذكُروا نعمةَ الله عليكم، وتمسَّكوا بكتاب ربِّكم، واعلَمُوا أنَّ الله - سبحانه وتعالى - أمرَكُم بأمرٍ بدأ فيه بنفسه؛ فقال - جلَّ من قائل : ﴿ إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا ﴾. اللهم صلِّ وسلِّم على عبدك ورسولك محمد، البشير النذير، والسراج المنير، وارضَ اللهم عن الخلفاء الراشدين المهديين: أبي بكرٍ، وعمر، وعثمان، وعلي، وعن بقيَّة الصحابة، وعن التابعين، وتابعي التابعين، ومَن تَبِعَهم بإحسانٍ إلى يوم الدين، وعنَّا معهم بعفوك وكرمك وإحسانك يا أرحم الراحمين. اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات، والمسلمين والمسلمات، الأحياء منهم والأموات. اللهم انصر من نصر الدين، واخذل من خذل المسلمين. اللهم ادفَع عنَّا الغَلاء والرِّياء، والربا والزنا والزلازل والمِحَن وسوء الفتن ما ظهر منها وما بطن، عن بلدنا هذا خاصَّة، وعن سائر بلاد المسلمين عامَّة يا رب العالمين. اللهم آمنَّا في أوطاننا، وأصلِح واحفظ ولاة أمورنا، واجعَلْهم هُداةً مُهتَدِين، صالحين مُصلِحين. رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ عباد الله... إنَّ الله يأمُر بالعدل والإحسان وإيتاء ذي القُربى، وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغْي، يعظُكم لعلَّكم تذكَّرون، فاذكُروا الله العظيم يذكُركم، واشكُروه على نِعَمِه يزدْكم، ولَذِكرُ الله أكبر، والله يعلَمُ ما تصنَعون.(Tribunnews.com/Latifah)
Tag: #khutbah #jumat #januari #2025 #menghargai #penyandang #disabilitas