Berita Hukum Kemarin: Babak Baru Jessica Wongso Vs Kejagung, BAP Hasto PDIP Ungkap Erick Thohir dan Budi Karya Sumadi
Berita Hukum Kemarin: Babak Baru Jessica Wongso Vs Kejagung, BAP Hasto PDIP Ungkap Erick Thohir dan Budi Karya Sumadi. [Suara.com/Alfian Winanto]
10:00
21 Agustus 2024

Berita Hukum Kemarin: Babak Baru Jessica Wongso Vs Kejagung, BAP Hasto PDIP Ungkap Erick Thohir dan Budi Karya Sumadi

Pemberitaan soal perlawanan balik Jessica Kumala Wongso yang mengajukan peninjuan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA) hingga pemeriksaan Sekjen PDIP Hasto PDIP di KPK pada Selasa (21/8/2024) kemarin masih menjadi isu yang hangat pada pekan ini.

Diketahui, setelah dinyatakan bebas bersyarat atas kasus kematian I Wayan Mirna Salihin, Jessica Wongso mengajukan PK ke MA. Adanya perlawanan hukum yang dilakukan terpidana kasus kopi sianida itu juga ditanggapi oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Selasa kemarin.

Kapuspenkum Kejagung RI, Harli Siregar menanggapi santai atas PK yang diajukan Jessica Wongso. Menurutnya, PK tersebut dianggap wajar karena sudah menjadi hak terpidana.

Pada Selasa kemarin, KPK kembali memanggil Hasto Kristiyanto setelah sempat absen dalam pemanggilan sebelumnya. Orang penting di PDIP itu diperiksa sebagai saksi terkait kasus kasus korupsi proyek di Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga: Bantah Aliran Dana Korupsi DJKA Masuk ke PDIP untuk Kampanye Jokowi-Maruf, Ini Penjelasan Hasto

Menariknya, saat penyidik KPK memeriksa Hasto, mencuat nama Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS).

Dua menteri di kabinet Presiden Jokowi itu terungkap dalam berita acara pemeriksaan (BAP) milik Hasto Kristiyanto.

Selain itu, Hasto pun bercerita soal kenyamanan selama menjalani pemeriksaan di KPK. Sekjen PDIP itu kini mengaku tidak merasa menggigil lagi setelah sebelumnya curhat kedinginan saat diperiksa sebagai saksi kasus suap Harun Masiku.

Selama diperiksa penyidik KPK, Hasto juga mengaku mendapatkan kopi dan gado-gado sebagai menu makan siang.

Selain soal PK Jessisca dan pemeriksaan Hasto PDIP di KPK, berita yang cukup menghebohkan publik pada Selasa kemarin yakni kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) berkedok program magang alias ferienjob mahasiswa ke Jerman yang diungkap oleh Polda Jambi.

Baca Juga: Hasto Ngaku Nyaman Diperiksa KPK: Ruangan Hangat, Dapat Kopi dan Gado-Gado

Mirisnya, kasus ini menyeret Guru Besar Universitas Jambi (UNJA) Sihol Situngkir hingga wakil rektor kampus sebagai tersangka.

Selain itu, ada penangkapan terhadap pelaku berinisial MBA yang telah menganiaya pacarnya di sebuah lift hotel di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Kasus ini diusut polisi setelah aksi keji pelaku yang mencekik hingga banting pacarnya di dalam lift viral di media sosial.

Berikut kumpulan berita-berita seputar kasus hukum dan kriminal yang telah ditayangkan redaksi Suara.com pada Selasa kemarin. Simak selangkapnya di sini!

1. Soal Perlawanan Balik Eks Terpidana Kasus Kopi Sianida, Kejagung Santai Jessica Wongso Ajukan PK usai Bebas

Jessica Kumala Wongso alias Jessica Wongso saat menggelar konferensi pers soal bebas bersyarat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024). [Suara.com/Tiara Rosana]Jessica Kumala Wongso alias Jessica Wongso saat menggelar konferensi pers soal bebas bersyarat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024). [Suara.com/Tiara Rosana]

Kejaksaan Agung (Kejagung) RI mengeklaim tidak keberatan dengan proses peninjauan kembali alias PK, yang bakal diajukan oleh Jessica Kumala Wongso usai bebas bersyarat atas kasus kopi sianida yang menewaskan I Wayan Mirna Salihin. 

Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Harli Siregar mengatakan, pihaknya bakal mengacu pada Pasal 263 KUHAP. 

2. Diperiksa Kasus DJKA di KPK, Hasto PDIP Sebut Nama Erick Thohir dan Budi Karya

Menteri Bumn Erick Thohir. (Instagram/erickthohir)Menteri Bumn Erick Thohir. (Instagram/erickthohir)

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebut nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu disampaikan Hasto usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus korupsi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di KPK.

3. Hasto Ngaku Nyaman Diperiksa KPK: Ruangan Hangat, Dapat Kopi dan Gado-Gado

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (Sekjen PDIP), Hasto Kristiyanto. (Suara.com/Dea)Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (Sekjen PDIP), Hasto Kristiyanto. (Suara.com/Dea)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto merampungkan pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA).

Dalam pemeriksaan selama sekitar 4,5 jam, dia mengaku mendapat 21 pertanyaan dari tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

4. Jalan Kaesang Maju Pilkada Kandas Usai Putusan MK, Hasto Sebut Usia Tunjukkan Kematangan Calon Pemimpin

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) menemui awak media usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (20/8/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) menemui awak media usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (20/8/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi gagalnya putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep maju pilkada usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan soal syarat batas usia calon kepala daerah.

Hal itu disampaikan Hasto Kristiyanto usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus korupsi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

5. Kasus Frienjob Mahasiswa ke Jerman: Guru Besar, Warek hingga Kabiro UNJA Resmi Tersangka

Kasus Frienjob Mahasiswa ke Jerman: Guru Besar, Warek hingga Kabiro UNJA Resmi Tersangka. [Metrojambi.com]Kasus Frienjob Mahasiswa ke Jerman: Guru Besar, Warek hingga Kabiro UNJA Resmi Tersangka. [Metrojambi.com]

Penyidik Polda Jambi menetapkan empat tersangka terkait kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) berkedok program magang alias ferienjob mahasiswa ke Jerman.

Kasubdit Penmas Polda Jambi Kompol Amin Nasution mengatakan penetapan keempat tersangka merupakan pengembangan dari kasus yang telah diungkap oleh Bareskrim Polri.

6. Tertangkap usai Aksinya Viral, Apa Motif MBA Cekik hingga Banting Pacarnya di Lift Hotel?

Viral pria menganiaya pacarnya di dalam lift sebuah hotel di kawasan Cengkareng, Jakbar. (tangkapan layar/Instagram)Viral pria menganiaya pacarnya di dalam lift sebuah hotel di kawasan Cengkareng, Jakbar. (tangkapan layar/Instagram)

Polisi meringkus pelaku penganiayaan yang dilakukan MBA terhadap pacarnya sendiri saat berada di dalam lift hotel kawasan Cengkareng, Jakarta Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan MBA telah ditangkap oleh jajaran Polsek Cengkareng.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #berita #hukum #kemarin #babak #baru #jessica #wongso #kejagung #hasto #pdip #ungkap #erick #thohir #budi #karya #sumadi

KOMENTAR