Hanya Bisa Dipakai Raja, Makna Baju Adat Kutai Jokowi Saat Upacara 17 Agustus di IKN
Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi mengenakan baju adat Kutai takwo kustim saat upacara HUT RI ke-79 di IKN. (YouTube/Sekretariat Presiden)
11:11
17 Agustus 2024

Hanya Bisa Dipakai Raja, Makna Baju Adat Kutai Jokowi Saat Upacara 17 Agustus di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih baju adat Kutai saat upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN), Sabtu (17/8/2024). Pakaian adat asal Kalimantan Timur yang dikenakan orang nomor satu di Indonesia itu bernama takwo kustim.

Berdasarkan pantauan Suara.com, Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi kompak mengenakan baju adat takwo kustim berwarna hitam saat upacara bendera 17 Agustus. Baju adat keduanya berbahan beludru.

Baju adat Kutai takwo kustim ternyata memiliki makna kebesaran. Bukan tanpa sebab, pakaian adat ini dulunya hanya bisa dikenakan oleh raja dan keturunan-keturunannya, sedangkan rakyat biasa tidak bisa memakainya.

Baju adat ini adalah warisan dari Kasultanan Kutai di masa lalu. Selain itu, baju adat takwo kustim juga memiliki simbol bangsawan. Jika ada laki-laki maupun perempuan yang mengenakan baju ini, maka artinya mereka berasal dari keluarga bangsawan.

Baca Juga: Tak Penuhi Undangan ke IKN, Megawati Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-79 RI Bersama Kader PDIP

Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi mengenakan baju adat Kutai takwo kustim saat upacara HUT RI ke-79 di IKN. (YouTube/Sekretariat Presiden)Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi mengenakan baju adat Kutai takwo kustim saat upacara HUT RI ke-79 di IKN. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Dulunya, baju adat takwo kustim hanya dikenakan bangsawan saat peringatan hari penobatan raja. Namun seiiring berjalannya waktu, pakaian adat takwo kustim ini bisa dipakai secara bebas oleh masyarakat umum, khususnya di acara-acara tertentu.

Adapun jenis baju adat Kutai takwo ada 3. Jenis pertama adalah baju adat takwo biasa yang hanya bisa dipakai untuk perempuan. Kemudian jenis kedua adalah takwo sebelah yang dibuat khusus untuk laki-laki.

Dan jenis terakhir adalah takwo kustim, di mana jenis ini biasa dipakai untuk pasangan pengantin. Presiden Jokowi dan Iriana sendiri terpantau mengenakan baju adat takwo kustim saat upacara bendera di IKN.

Sementara itu, detail baju takwo khusus perempuan dikenakan dengan rok kurung panjang. Sedangkan khusus laki-laki, pakaian adat ini biasa dipakai dengan bawahan dodot bermotif batik dan celana panjang berwarna hitam.

Adapun detail pakaian adat ini biasa ditambah ukiran emas untuk menambah kesan mewah. Sebagai contoh Jokowi dan Iriana juga sama-sama mengenakan ukiran emas di baju adat bagian dada hingga lengan.

Baca Juga: Sindir Jokowi, Hasto: Kapitalisme Digambarkan oleh Soekarno Bukan Seperti Bangunan

Biasanya, baju adat bangsawan Kutai ini juga sering dilengkapi dengan aksesoris berupa pin emas dari kesultanan.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #hanya #bisa #dipakai #raja #makna #baju #adat #kutai #jokowi #saat #upacara #agustus

KOMENTAR