Ironis! Hasyim Asy'ari Baru Ceramahi Jokowi soal Sifat Kebinatangan Kini Dipecat karena Pelecehan Seksual
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2023). (Suara.com/Dea)
14:44
4 Juli 2024

Ironis! Hasyim Asy'ari Baru Ceramahi Jokowi soal Sifat Kebinatangan Kini Dipecat karena Pelecehan Seksual

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari dipecat lantaran terbukti melakukan tindakan pelecehan seksual.

Hasyim dipecat usai dinyatakan terbukti melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu (KEPP).

Diketahui, Hasyim diduga melakukan tindakan pelecehan seksual terhadap seorang perempuan anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda berinisial CAT.

Kini dipecat lantaran kasus pelecehan seksual, jejak digital Hasyim Asy'ari mulai beredar kembali ke publik. Salah satunya diunggah oleh akun X pegiat media sosial Jhon Sitorus @Miduk17.

Baca Juga: Hasyim Asy'ari Dipecat Gegara Cabul, Mochammad Afifudin Resmi jadi Plt Ketua KPU RI

Pada unggahan tersebut Jhon Sitorut menyorti ironi Hasyim Asyari yang sempat berceramah di depan Presiden Joko Widodo dan membahas tentang sifat kebinatangan manusia. Hal ini sontak berbanding terbalik di mana kini ia menjadi pelaku pelecehan seksual.

Diketahui pada 17 Juni, Hasyim Asy'ari sempa menjadi khatib Idul Adha di Semarang, tempat Jokowi salat.

"17 Juni menceramahi Jokowi agar menyembelih sifat kebinatangan. 3 Juli dipecat dengan vonis asusila. Maen-maen kau sama Jokowi," tulis akun @Miduk17.

Pada ceramah tersebut, Hasyim Asy'ari membahas tentang sifat kebinatangan pada manusia yang harus disembelih.

“Agama kita agama Islam, menetapkan untuk menyembelih kurban binatang berupa hewan ternak yaitu di antaranya domba, kambing, kerbau, sapi atau unta, yang dikurbankan adalah binatang,” ujar Hasyim.

Baca Juga: 6 Potret Erina Gudono Bersama Iriana Jokowi: Gaya Mantu-Mertua Kompak Bak Old Money

“Ini mengandung setidaknya dua makna yang pertama sifat-sifat kebinatangan yang terdapat dalam jiwa manusia harus dikorbankan dan disembelih. Dan yang kedua, jiwa dan perbuatan seseorang harus dilandasi dengan tauhid, iman, dan takwa,” sambungnya.

Sifat kebinatangan manusia yang dimaksud Hasyim Asy'ari antara lain sombong, iri, mementingkan diri sendiri, dan menganggap diri dan golongannya yang benar.

Hasyim juga menyebutkan sifat kebinatakan lain seperti serakah dan memangsa musuh.

"Sifat yang curiga, menyebarkan informasi tidak benar, fitnah, rakus, tamak, dan ambisi yang tidak bisa dikendalikian. Tidak mau lihat kenayatan hidup tidak mempan diberi nasihat dan tidak mampu diberi teguran dan lain-lain," paparnya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #ironis #hasyim #asyari #baru #ceramahi #jokowi #soal #sifat #kebinatangan #kini #dipecat #karena #pelecehan #seksual

KOMENTAR