Jadi Alasan Al Ghazali Putus, Tapi Kini Balik Gandeng Alyssa Daguise: Apa Itu Salat Istikharah?
Al Ghazali dan Alyssa Daguise (Instagram/alyssadaguise)
15:59
20 Juni 2024

Jadi Alasan Al Ghazali Putus, Tapi Kini Balik Gandeng Alyssa Daguise: Apa Itu Salat Istikharah?

Usai dirumorkan balikan, Al Ghazali dan Alyssa Daguise baru-baru ini kembali terciduk liburan bersama. Dalam foto yang diunggah akun @lambegosiip, keduanya terlihat berpelukan satu sama lain.

Bukan hanya itu, dalam unggahan tersebut juga terlihat video keduanya yang bergandengan tangan di pantai. Hal ini yang membuat warganet yakin kalau Al Ghazali dan Alyssa Daguise resmi menjalin hubungan kembali.

Di satu sisi, warganet justru menyindir salat istikharah yang dijalankan oleh Al Ghazali beberapa waktu lalu. Pasalnya, alasan putra Maia Estianty putus dari Alyssa Daguise sendiri dikarenakan sudah melakukan salat istikharah. Hal ini yang membuat warganet menyindir alasan putus Al Ghazali sebelumnya. Apalagi, ia juga sempat dikabarkan dekat dengan Laura Moane.

“Sia-sia dong shalat istikharahnya,” komentar salah seorang warganet.

Baca Juga: Momen Al Ghazali Pamer Foto Shirtless Saat Berendam Diledek El Rumi: Kasihan...

“Redflag banget sih Al, kemaren bilangnya ada halangan karna salat istikharah sekarang malah gandeng tangan lagi wkwk, bersyukur banget Laura udah putus dari dia,” sahut warganet lainnya.

“Gw masih inget yang katanya putus karena cowo salat istikharah tapi gak liat cewenya itu di mimpinya,” komentar warganet lainnya.

Terkait salat istikharah sendiri memang disebut menjadi cara untuk meminta petunjuk dari Allah SWT, akan berbagai hal, termasuk masalah jodoh. Mengutip NU Online, dalam Al-Bakri Utsmani bin Muhammad, I’anatut Thalibin [Beirut: Darul Fikr, 2003 M], juz I, halaman 297, dijelaskan jika salat istikharah dimaksudkan sebagai permintaan kebaikan atas segala perkara.

Nabi Muhammad SAW juga menyarankan umatnya untuk menjalankan salat istikharah agar tidak menentukan keputusan yang salah. Hal ini juga menghindari adanya penyesalan dalam dirinya di kemudian hari.

“Rasulullah bersabda, ‘Salah satu (bentuk) keberuntungan anak adam adalah ia beristikharah kepada Allah, dan salah satu (bentuk) keberuntungan anak Adam adalah ridha dengan putusan yang Allah tetapkan, salah satu (bentuk) kecelakaan anak Adam adalah ia meninggalkan beristikharah kepada Allah, dan salah satu (bentuk) kecelakaan anak Adam adalah benci dengan keputusan yang Allah berikan,” (HR Ahmad).

Baca Juga: Al Ghazali dan Alyssa Daguise Keciduk Jalan Bareng Hingga Pelukan, Fix Balikan?

Nantinya jawaban yang diterima ini dapat berupa hati yang mantap saat memilih sesuatu. Ketika memanjatkan doa, nantinya hati orang tersebut akan semakin yakin dalam memilih sebuah perkara yang sebelumnya diragukan.

“Hendaknya ia menyebutkan hajatnya (dalam doa istikharah) kemudian ia melakukan perkara yang dilapangkan dadanya untuk mengerjakannya. Apabila belum terlihat keadaan (dilapangkan dada) dalam kesempatan pertama, maka hendaknya ia ulang-ulangi (doa istikharah) di luar shalat (istikharah). Apabila tetap tidak mendapatkan sesuatu (kelapangan dada) maka hendaknya ia berpasrah (tawakkal) kepada Allah serta mengerjakan perkara yang ia putuskan,” (Muhammad Nawawi Al-Bantani, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Fikr: 2002 M], halaman 106).

Oleh sebab itu, umat Muslim yang menjalankan salat istikharah akan semakin yakin dengan keputusan yang akan diambilnya. Sementara dalam kasus Al Ghazali sendiri, sebelumnya sang ibu, Maia Estianty mengaku kalau ia putus dari Alyssa Daguise karena jawaban dari salat istikharah.  Hal ini juga dibenarkan Al Ghazali yang mengaku, sudah ikhlas menjalankan keputusan dari Allah SWT.

"Tapi akhirnya karena ini mau melangkah ke jenjang yang lebih serius maka disuruh salat istikharah. Pas salat istikharah nggak tahunya ada sedikit jawaban dari Allah. Akhirnya pisah. Berarti yang terbaik dari Allah," ungkap Maia Estianty beberapa waktu lalu.

"Tuhan sudah tulis semuanya. Kita tinggal jalanin saja. Aku pasrah saja sih. Aku sudah ikhlas," ujar Al Ghazali. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #jadi #alasan #ghazali #putus #tapi #kini #balik #gandeng #alyssa #daguise #salat #istikharah

KOMENTAR