Jejak Karier Bambang Susantono Bukan Sembarangan, Kini Pilih Mundur dari Kepala IKN Lepas Gaji 3 Digit!
Jejak Karier Bambang Susantono Bukan Sembarangan, Kini Pilih Mundur dari Kepala IKN (instagram)
15:27
4 Juni 2024

Jejak Karier Bambang Susantono Bukan Sembarangan, Kini Pilih Mundur dari Kepala IKN Lepas Gaji 3 Digit!

Bambang Susantono resmi mundur sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden Joko Widodo sudah mengeluarkan Keppres sehubungan dengan pemberhentiannya secara hormat. Setelah mundur dari IKN, apa yang akan dilakukan Bambang Susantono? Cek jejak karir Bambang Susantono di bawah ini. 

Bambang Susantono sebelumnya dilantik menjadi Kepala Otorita IKN pada Maret 2022. Presiden Jokowi kemudian menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN. 

Jejak Karier Bambang Susantono

Sebelum dilantik sebagai Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono berkarir cukup lama di pemerintahan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Berikut informasi selengkapnya jejak karier Bambang Susantono.

1. Setelah lulus kuliah, Bambang bekerja sebagai pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum, bagian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kemen PUPR RI). 

2. Mengajar dan membimbing tesis di Program Pascasarjana Bidang Ilmu Teknik di Universitas Indonesia. Ia melakukan penelitian dalam bidang transportasi, lingkungan hidup dan sosial perkotaan. Ia meneliti fenomena transportasi di kota-kota megapolitan kawasan Asia Timur.

3. Pemimpin tertinggi dalam organisasi Transport System Indonesia. Ia menduduki jabatan resmi sebagai Presiden Intelligent dalam organisasi yang berfokus pada pengembangan dan penerapan sistem transportasi cerdas di Indonesia. Bambang bertanggung jawab memimpin organisasi, mengarahkan, dan menerapkan kebijakan serta strategi yang melibatkan teknologi canggih dalam transportasi Indonesia.

4. Menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada tahun 2007-2010. Bertanggung jawab dalam pengembangan kebijakan terkait infrastruktur dan wilayah Indonesia. 

5. Menulis buku tentang infrastruktur dan transportasi. Buku sudah dipublikasikan dalam versi cetak dan elektronik, di antaranya Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, 1001 Wajah Transportasi Kita, Strategi dalam Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah, dan Memacu Infrastruktur di Tengah Krisis. 

6. Menjabat sebagai Vice President Eastern Asia Society of Transportasion Studies (EASTS). Organisasi tersebut fokus pada studi transportasi di kawasan Asia Timur. EASTS didirikan untuk memfasilitasi pertukaran informasi dan pengetahuan antara para profesional, akademisi, dan praktisi di bidang transportasi. 

7. Menjabat sebagai komisaris utama PT. Garuda Indonesia Tbk. Bertanggung jawab melakukan pengawasan dan nasehat kepada direksi perusahaan dalam menjalankan operasional dan manajemen perusahaan. 

8. Menjabat sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara. Dilantik pada Kamis, 10 Maret 2022 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Pengangkatan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 9M tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara. Ia bekerja selama dua tahun, resign dengan tidak memberitahukan alasannya kepada publik. 

Banyak spekulasi yang beredar mengenai keputusan pengunduran diri Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN. Dalam surat pengunduran diri pun Bambang Susantono tidak menjelaskan alasannya keluar dari proyek IKN yang masih berjalan. Hal itu juga diklarifikasi oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. 

Selain itu, Pratikno mengungkap bahwa Bambang Susantono akan mendapatkan tugas baru membantu Presiden Jokowi secara langsung dan masih berhubungan dengan IKN. Namun nama jabatan dan tugas tersebut belum disebutkan oleh Praktikno kepada media saat ini. 

Demikian itu jejak karir Bambang Susantono.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #jejak #karier #bambang #susantono #bukan #sembarangan #kini #pilih #mundur #dari #kepala #lepas #gaji #digit

KOMENTAR