Sosok Orang Tua Ruben Onsu: Ibunya Berdarah Arab dan Selalu Ingatkan Anak untuk Sedekah Alquran
Ruben Onsu. (Instagram/ruben_onsu)
09:50
24 Mei 2024

Sosok Orang Tua Ruben Onsu: Ibunya Berdarah Arab dan Selalu Ingatkan Anak untuk Sedekah Alquran

Cerita soal kebaikan Ruben Onsu dan keluarga sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan suami Sarwendah itu dikenal tak ragu untuk berbuat baik kepada siapa pun, termasuk mereka yang berbeda keyakinan.

Ruben Onsu diketahui sudah membantu umat Islam dengan membangun masjid, musala, hingga membagikan Alquran. Sikap suka berbagi yang diterapkan oleh Ruben Onsu rupanya hasil didikan kedua orang tuanya.

Dalam sebuah kesempatan, Ruben Onsu menjelaskan bahwa ibunya berpesan untuk selalu berbuat kebaikan kepada siapa pun. Ini yang menjadi alasan Ruben Onsu bagi-bagi 1.000 Alquran dan alat salat jelang Ramadan tahun 2023 lalu.

"Kenapa milihnya sajadah sama Alquran? Dulu mama aku ngajarin, banyak juga yang ngajarin sama aku bukan cuma di bulan Ramadan, tapi di setiap waktunya (untuk berbagi)," kata Ruben Onsu pada Maret 2023.

Baca Juga:Berciri Kumis dan Alis Tebal, Polisi Buru Penusuk Imam Musala di Kebon Jeruk Ayah Ruben Onsu, Johanes Abraham Onsu. (Instagram)Ayah Ruben Onsu, Johanes Abraham Onsu. (Instagram)

Lantas, siapa sebenarnya sosok orang tua Ruben Onsu yang berpesan kepada anak-anaknya untuk selalu berbuat kebaikan?

Ruben Onsu merupakan anak dari pasangan Johanes Abraham Onsu dan Helmiah Chalifah. Ayah Ruben Onsu adalah pria keturunan Chinese yang diangkat oleh keluarga Onsu yang berdarah Manado, sementara ibunya keturunan Arab.

Fakta bahwa ibu Ruben Onsu memiliki darah Arab diungkap sendiri oleh sang presenter dalam YouTube Armand Maulana. Dari sini terungkap juga bahwa ayah Ruben Onsu tadinya tidak memiliki marga Onsu.

"Kalau lu tuh orang apa? Maksudnya, nyokap bokap orang apa?" tanya Armand Maulana selaku pemandu acara, seperti dikutip dari video YouTube yang tayang pada 23 Juli 2021 lalu.

"Papaku Chinese, mamaku Arab," jelas Ruben Onsu.

Baca Juga:Begini Teriakan Imam Musala Kedoya Utara Ditikam Saat Wudhu Ibu Ruben Onsu, Helmiah Chalifah. (Kolase Facebook dan Instagram Ruben Onsu)Ibu Ruben Onsu, Helmiah Chalifah. (Kolase Facebook dan Instagram Ruben Onsu)

Menurut cerita Ruben Onsu, sang ayah datang dari Tiongkok dengan nama Johanes Abraham. Ia lantas dingkat menjadi anak oleh keluarga Onsu sehingga memiliki marga seperti sekarang.

"Jadi kan pada saat itu papaku itu karena dari sana (Tiongkok Daratan) dan tidak punya nama Indonesia, kronologis silsilahnya aku kurang paham sih sebenarnya, tapi kenapa fam-nya Onsu itu karena papaku ditolong keluarga Onsu," cerita Ruben Onsu.

Namun sekarang kedua orang tua Ruben Onsu telah meninggal dunia. Ayah Ruben Onsu menghembuskan napas terakhirnya pada Januari 2017, sementara sang ibu telah meninggal dunia pada bulan Juni tahun 2006.

Informasi tentang ibu Ruben Onsu pun tidak banyak diketahui. Wajah cantiknya hanya beberapa kali terlihat dalam unggahan Instagram Ruben Onsu yang dibuat ketika sedang merindukan sang ibu.

Salah satu unggahan Ruben Onsu untuk ibunya dibuat pada tahun 2016 lalu. Sambil memasang foto mendiang ibunya, Ruben Onsu menuliskan pesan panjang sebagai ungkapan rasa rindu.

"Tepat tanggal 29 Juni beberapa tahun yang lalu pukul 00.30 WIB ibuku meninggalkan aku, papa, kakak, dan adik-adikku untuk selama-lamanya. Banyak pesan yang aku terima dan semua terjadi saat ini, karena di doa ibuku namaku selalu disebut. Sampai ketemu lagi mamaku sayang," tulis Ruben Onsu kala itu.

Sebagai bentuk baktinya, Ruben Onsu memakai nama sang ibu untuk menamai musala yang direnovasi olehnya. Musala tersebut terletak di Kecamatan Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat dan diberi nama Al-Helmiah.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #sosok #orang #ruben #onsu #ibunya #berdarah #arab #selalu #ingatkan #anak #untuk #sedekah #alquran

KOMENTAR