7 Tanda Anda Telah Membuat Keputusan Tepat Untuk Masa Depan Menurut Psikologi, Salah Satunya Arah dan Tujuan Jelas
Ilustrasi perempuan yang membuat keputusan baik untuk masa depannya (freepik/benzoix)
21:04
16 Mei 2024

7 Tanda Anda Telah Membuat Keputusan Tepat Untuk Masa Depan Menurut Psikologi, Salah Satunya Arah dan Tujuan Jelas

 

 – Sebagai manusia sangat penting bagi kita untuk merasa percaya diri dan optimis tentang masa depan. Hal ini salah satu indikator pengambilan keputusan masa depan yang baik.

Sedangkan keraguan, ketakutan dan kecemasan yang terus-menerus terhadap pilihan kita dapat menjadi indikator pengambilan keputusan yang buruk. Pengambilan keputusan yang baik mengacu pada kemampuan dalam mengambil pilihan yang terbaik bagi masa depan kita.

Hal ini bisa terbaik secara emosional, fisik atau keduanya. Psikolog berpendapat bahwa orang yang membuat keputusan yang tepat sering kali menunjukkan sifat dan perilaku tertentu yang konsisten.

Lantas bagaimana Anda mengetahui jika Anda membuat keputusan yang baik untuk masa depan Anda?

Dilansir dari laman The Expert Editor, Kamis (16/5), terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda membuat keputusan yang baik untuk masa depan Anda diantaranya :

  1. Mempunyai arah dan tujuan yang jelas

Memiliki arah yang jelas tidak berarti mengetahui setiap detail masa depan Anda. Ini tentang gambaran umum tentang kemana Anda ingin pergi,apa tujuan Anda dan langkah apa yang perlu Anda ambil untuk mencapainya.

Psikolog menyarankan bahwa mereka yang memiliki visi yang jelas tentang masa depan sering kali membuat keputusan yang lebih baik sebab mereka dapat menyelaraskan pilihan mereka dengan tujuan jangka panjang.

  1. Bisa merangkul perubahan

Jika Anda terbuka terhadap pengalaman baru, mudah beradaptasi dengan perubahan keadaan dan tidak takut pada hal yang tidak diketahui, maka menunjukkan Anda sedang mempersiapkan diri untuk masa depan yang penuh dengan pertumbuhan dan perkembangan.

Bahkan Anda rela keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru. Hal ini yang mampu membuat Anda semakin berkembang.

  1. Merasakan kenyamanan dengan ketidakpastian

Merasa nyaman dengan hal yang tidak diketahui atau tidak pasti bisa menjadi pertanda positif bagi proses pengambilan keputusan Anda di masa depan.

Merasa nyaman dengan ketidakpastian dapat menandakan bahwa Anda mampu mengambil risiko yang telah diperhitungkan dan memercayai kemampuan Anda untuk menavigasi apa pun yang menghadang.

Sifat ini menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi yang mana kedua aspek ini adalah kunci dalam membuat keputusan yang baik untuk masa depan Anda.

  1. Merangkul kesalahan

Jika Anda adalah seseorang yang tidak segan-segan mengakui kesalahan Anda bahkan menggunakan kesalahan itu sebagai batu loncatan untuk belajar dan bertumbuh maka menunjukkan Anda sedang membuat keputusan yang baik untuk masa depan.

Mengakui kesalahan juga menunjukkan kematangan emosi dan menunjukkan bahwa Anda tidak hanya mencari kemenangan cepat tetapi juga berinvestasi jangka panjang untuk Anda.

  1. Mengutamakan perawatan diri

Memprioritaskan perawatan diri menunjukkan bahwa Anda memahami pentingnya kesejahteraan dalam membentuk masa depan yang lebih baik. Ini menandakan bahwa Anda tidak hanya mengejar kesuksesan tetapi juga memperhatikan perjalanan dan kesehatan Anda.

  1. Belajar terus-menerus

Jika Anda memahami bahwa hidup adalah proses pembelajaran yang berkelanjutan dan mampu menerima hal itu tandanya Anda membuat keputusan yang baik untuk masa depan Anda.

Intinya rasa haus akan pengetahuan dan kemauan untuk belajar menunjukkan bahwa Anda tidak hanya terjebak di masa kini namun mampu berevolusi dan bersiap untuk masa depan.

  1. Percaya diri

Jika Anda yakin dengan kemampuan Anda dan mengikuti intuisi Anda serta percaya pada keputusan yang Anda buat maka Anda berada di jalur yang tepat.

Kepercayaan diri  Anda dapat diwujudkan dalam bentuk keyakinan pada kemampuan Anda untuk mengatasi tantangan dan berpegang teguh terhadap nilai-nilai Anda. ***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanda #anda #telah #membuat #keputusantepat #untuk #masa #depan #menurut #psikologi #salah #satunya #arah #tujuan #jelas

KOMENTAR