Orang yang Suka Berkomentar Negatif di Postingan Orang Lain, Mereka Memiliki 6 Ciri-Ciri Kepribadian Ini
Orang yang Suka Berkomentar Negatif di Postingan Orang Lain, Mereka Memiliki Ciri-Ciri Kepribadian Ini (Diego Carvo)
11:28
15 Mei 2024

Orang yang Suka Berkomentar Negatif di Postingan Orang Lain, Mereka Memiliki 6 Ciri-Ciri Kepribadian Ini

 

Tahukah Anda, saat berkomentar di postingan orang lain dapat menunjukkan bagaimana kepribadian Anda sebenarnya.

Meski di realita Anda merupakan sosok yang dinilai sopan ataupun baik, namun apakah di media sosial perilaku Anda sama dengan realita?

Dilansir dari laman news.microsoft bahwa temuan dari Digital Civility Index (DCI) 2020 menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara yang tingkat keberadaban yang rendah. 

Kemudian, sebagai negara yang mengalami pengalaman online yang lebih negatif, masyarakat Indonesia juga banyak komentar negatif daripada positifnya di postingan orang lain.

 Dikutip oleh JawaPos.com, Rabu (15/5), dari Dr Saima Muhammad Nawaz Seorang Psikolog di Arab, membagikan sebuah artikelnya di akun profesionalnya, bahwa komentar negatif seseorang di media sosial dapat menggambarkan ciri kepribadian Anda:

  1. Sosok yang bebas

Di media sosial orang bertindak sebagai Anonimitas. Saat Anda menjadi seorang yang tanpa identitas dan orang lain tak mengetahui siapa Anda, maka Anda akan lebih leluasa dalam berekspresi, dan Anda merasa lebih bebas untuk mengatakan hal-hal yang tidak mereka katakan secara langsung.

  1. Sosok yang emosi

Media sosial memungkinkan orang mengekspresikan kemarahan atau frustrasinya, meskipun ditujukan kepada orang lain. Orang mungkin melontarkan komentar negatif sebagai cara untuk melampiaskan emosinya yang terpendam.

  1. Narsisme

Beberapa orang mungkin melontarkan komentar negatif untuk meningkatkan egonya, merendahkan orang lain; mereka mungkin merasa seperti mereka meninggikan diri mereka sendiri.

  1. Berkuasa

Membuat komentar negatif di media sosial dapat membuat orang merasa mempunyai kekuasaan dan kendali. Mereka mungkin merasa seperti mereka menggunakan pengaruhnya terhadap orang lain dan mendapat reaksi.

  1. Superioritas

Media sosial adalah tentang perbandingan; beberapa orang perlu menjatuhkan orang lain agar dirinya merasa lebih baik. Mereka mungkin melontarkan komentar negatif tentang orang lain agar merasa superior.

  1. Suka cari perhatian

Beberapa orang membuat komentar negatif untuk mendapatkan perhatian. Mereka mungkin merasa diabaikan atau tidak terlihat dalam kehidupan nyata, dan memberikan komentar negatif di media sosial dapat memberikan mereka perhatian yang mereka dambakan.

 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #orang #yang #suka #berkomentar #negatif #postingan #orang #lain #mereka #memiliki #ciri #ciri #kepribadian

KOMENTAR