6 Cara Agar Bisa Menjadi Pribadi yang Berkesan bagi Atasan, Salah Satunya Lakukan Obrolan Ringan yang Cerdas
Ilustrasi karyawan berbincang dengan atasan. (Freepik/yanalya)
22:42
13 Mei 2024

6 Cara Agar Bisa Menjadi Pribadi yang Berkesan bagi Atasan, Salah Satunya Lakukan Obrolan Ringan yang Cerdas

 Memenangkan hati atasan memang tidak selalu mudah, tetapi kamu bisa melakukannya dengan cara yang sederhana.

Cara-cara yang bisa kamu lakukan di antaranya melakukan obrolan ringan yang cerdas hingga mengakui kesalahan yang kamu lakukan.

Meski sederhana, tetapi cara-cara tersebut dapat menjadikanmu pribadi yang berkesan bagi atasan.

Dikutip dari Brightside.me, Senin (13/5), simak beberapa cara agar kamu bisa menjadi pribadi yang berkesan bagi atasan.

1. Jangan Takut Berpendapat

Tidak setuju dengan apa yang dikatakan atasan ternyata tak selalu menjadi hal buruk. Sebaliknya, hal itu justru dapat membuatmu lebih berharga di mata mereka dan mereka akan menghargai kejujuran maupun dedikasimu.

Namun, perbedaan pendapat tersebut harus dilakukan demi kepentingan bersama, bukan bersifat pribadi. Untuk itu, bersikaplah lugas dalam apa yang kamu yakini, tetapi selalu pastikan perbedaan pendapat muncul sebagai pendekatan logis terhadap masalah tersebut.

2. Pertahankan Kaki Menyentuh Lantai

Saat rapat dengan atasan, usahakan kamu untuk tidak duduk dalam posisi menyilangkan kaki. Menjaga kaki tetap menyentuh lantai dapat membantumu menemukan jawaban atas pertanyaan yang sangat kompleks dengan lebih mudah.

3. Minta Nasihat Atasan, Bukan Pendapat

Menurut seorang psikolog, ketika kamu menanyakan pendapat atasan, mereka akan menjadi evaluator yang objektif. Namun, meminta nasihat dari atasan akan menciptakan suasana yang dapat mendorong mereka untuk lebih mendukung keputusan dan idemu.

4. Mengangguk saat Mencoba Menyampaikan Maksud

Jika kamu ingin atasanmu menyetujui sesuatu denganmu, kamu harus tersenyum, pertahankan kontak mata, kemudian anggukkan kepala saat menyampaikan pernyataanmu.

Kombinasi bahasa tubuh ini dapat memberikan efek 'hipnotis' pada atasanmu. Setelah itu, mereka akan menganggukkan kepala sesuai dengan pernyataanmu.

5. Lakukan Obrolan Ringan yang Cerdas

Tidak ada yang mau membicarakan perihal pekerjaan sepanjang hari, termasuk atasanmu. Jadi, jika kamu berada dalam situasi di mana kamu harus berbasa-basi dengan atasan, kamu bisa menanyakan sesuatu yang ringan dan cerdas, entah itu hobi atau minatnya hingga hal lainnya daripada pertanyaan tentang pekerjaan.

6. Mengakui Kesalahan

Jika kamu melakukan kesalahan, jangan berusaha untuk menyembunyikannya dari atasan atau menyalahkan orang lain. Sebaliknya, kamu harus mengakui kesalahanmu dan beri tahu atasanmu cara kamu mengatasinya.

Sikapmu tersebut akan membuat atasan lebih menghormatimu jika mereka mendengarnya langsung darimu, bukan dari karyawan lain atau bahkan dari klien.

Mengatakan kebenaran akan membantumu membangun ikatan yang dapat dipercaya bersama dengan atasan. Bahkan, hal ini dapat menempatkan dirimu pada kedudukan yang lebih tinggi.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #cara #agar #bisa #menjadi #pribadi #yang #berkesan #bagi #atasan #salah #satunya #lakukan #obrolan #ringan #yang #cerdas

KOMENTAR