7 Hal Kecil yang Kamu Lakukan Ini Membuat Orang Tidak Menyukaimu Menurut Psikologi, Salah Satunya Lupa Nama Seseorang
Ilustrasi seseorang yang lupa nama orang lain, salah satu hal yang tidak disukai.(Freepik/cookie_studio)
21:56
12 Mei 2024

7 Hal Kecil yang Kamu Lakukan Ini Membuat Orang Tidak Menyukaimu Menurut Psikologi, Salah Satunya Lupa Nama Seseorang

Kita semua tentunya berusaha untuk berinteraksi secara positif dengan orang lain.

Namun, terkadang kebiasaan dan perilaku kita sendiri tanpa disadari bisa membuat orang lain menjauh.

Meski terlihat sepele, tetapi beberapa hal tersebut dapat membuat kita menjadi tidak disukai orang lain.

Penasaran dengan hal-hal tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, dikutip dari Ideapod.com, Minggu (12/5).

1. Kurang Mendengarkan

Hal kecil yang dapat menyebabkan orang lain tidak menyukaimu adalah kamu kurang mendengarkan perkataan mereka secara aktif. Tentu, kita semua ingin didengarkan dan dihargai.

Untuk itu, kita juga harus mendengarkan orang lain secara aktif. Dalam hal ini, kamu bukan hanya sekadar mendengarkan perkataan lawan bicaramu, tetapi juga benar-benar memahami dan turut terlibat.

Jika kamu cenderung lebih fokus untuk menyampaikan ceritamu atau melakukan kesibukan lain dengan terus memeriksa ponsel selama percakapan, hal tersebut menandakan bahwa kamu tidak terlalu tertarik dengan perkataan lawan bicaramu.

Tentu, lawan bicaramu akan merasa frustasi, merasa tidak dihargai, hingga akhirnya mereka merasa tidak suka denganmu. Oleh karena itu, cobalah untuk benar-benar mendengarkan dan tunjukkan minat dengan mengajukan pertanyaan lanjutan dan berikan tanggapan yang menunjukkan bahwa dirimu memahaminya.

2. Terlalu Sering Minta Maaf

Meskipun terlihat sopan dan penuh perhatian, tetapi terlalu sering meminta maaf bisa menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan.

Ketika kamu meminta maaf untuk setiap hal kecil yang bahkan bukan kesalahan dirimu sendiri atau di luar kendalimu, kamu bisa terlihat kurang percaya diri. Sikap tersebut dapat melelahkan bagi orang lain yang menghadapimu.

Selain itu, permintaan maafmu juga dapat dinilai kurang tulus. Lebih baik kamu mengucapkan terima kasih, misalnya mengucapkan "Terima kasih sudah menunggu saya" daripada mengatakan "Maaf saya terlambat".

Dengan demikian, kamu tidak akan merusak kepercayaan dirimu dan bersikap menunjukkan rasa hormat atau menghargai waktu orang lain.

3. Tidak Menepati Janji

Jika kamu terus-menerus mengingkari janji besar maupun kecil, tentu orang lain tidak akan menyukaimu. Ingat, janji merupakan satu bentuk kepercayaan.

Sikap mengingkari janji tidak hanya mengecewakan orang lain, tetapi juga menghilangkan kepercayaan mereka terhadap dirimu. Perkataanmu pun dinilai tidak dapat diandalkan.

4. Selalu Menghakimi Orang Lain

Pendapat setiap orang memang berbeda-beda dan itu tidak menjadi masalah. Namun jika kamu terus-menerus menghakimi orang lain atas tindakan, pilihan, atau gaya hidup mereka, hal ini dapat membuat mereka kurang menyukaimu.

Dalam hal ini, kamu seolah mengatakan dirimu lebih baik atau lebih tahu dibandingkan orang lain. Sikapmu tersebut dapat membuat orang lain merasa tidak diterima dan tidak nyaman berada di dekatmu.

5. Berbagi secara Berlebihan

Kamu pasti pernah berada di momen saat sedang berbincang dengan seseorang, tiba-tiba dia mulai berbagi hal detail yang intim atau memalukan terkait kehidupannya. Hal itu membuatmu merasa tidak nyaman hingga canggung. Apakah kamu juga pernah berbagi cerita secara berlebihan?

Sikap ini ternyata dapat merugikan banyak orang. Meski bersikap terbuka dan tulus dalam berinteraksi adalah hal baik, tetapi kamu harus mengontrol diri untuk tidak memberikan informasi terlalu banyak.

Saat kamu melakukan hal ini, orang lain juga akan merasa tidak nyaman atau terbebani. Bahkan, kamu dapat dinilai egois lantaran percakapan kalian hanya membahas tentang dirimu.

6. Pelupa

Wajar jika kita lupa akan sesuatu, entah lupa meletakkan kunci atau lupa dengan barang yang akan dibeli di toko. Namun, sifat lupa dapat membuat salah paham, salah satunya lupa nama seseorang berulang kali.

Melupakan nama seseorang berulang kali, terutama setelah mereka memberi tahumu beberapa kali bisa menjadi sangat mengesalkan. Kamu dinilai tidak menghargai mereka untuk mengingat namanya.

Tak hanya tentang nama, tetapi lupa hari ulang tahunnya pun dapat membuat mereka merasa tidak penting dan diabaikan.

7. Kurang Empati

Kurangnya empati menjadi hal terakhir yang membuat kamu tidak disukai orang lain. Sikapmu yang kurang empati membuat interaksimu terlihat dingin dan acuh tak acuh.

Orang lain menilai dirimu tidak tertarik pada perasaan atau pengalaman mereka sehingga membuat orang lain merasa tidak didengarkan dan tidak penting.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #kecil #yang #kamu #lakukan #membuat #orang #tidak #menyukaimu #menurut #psikologi #salah #satunya #lupa #nama #seseorang

KOMENTAR