Teuku Ryan Akui Tertekan Karena Banyak Cicilan, Dokter Boyke Sebut Stres Memang Bisa Pengaruhi Gairah Seks
Teuku Ryan. (Instagram/teukuryantr)
20:46
9 Mei 2024

Teuku Ryan Akui Tertekan Karena Banyak Cicilan, Dokter Boyke Sebut Stres Memang Bisa Pengaruhi Gairah Seks

Masalah ranjang Ria Ricis dengan Teuku Ryan diungkap dalam surat putusan cerai keduanya yang dikeluarkan Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Dalam surat putusan cerai tersebut dikatakan kalau Ryan tak pernah lagi memberikan nafkah batin sejak hamil anak pertama sampai melahirkan.

Dalam pembelaannya, Ryan mengatakan kalau dirinya tertekan akibat banyaknya cicilan dalam rumah tangganya sehingga menyebabkan stres. Kondisi itu membuatnya jadi kurang bergairah hubungan seksual. Memang ada kaitannya antara stres dengan gairah seksual?

Pakar kesehatan seksual Dokter Boyke Dian Nugroho menjelaskan kalau dia beberapa kali didatangi pasien, laki-laki maupun perempuan, yang alami gangguan seksual. Seperti susah ereksi, ejakulasi dini, hingga tidak bisa orgasme. Penyebab dari berbagai gangguan tersebut, kata dokter Boyke, hampir separuhnya disebabkan karena faktor stres.

"Pada pria ada namanya penyebab disfungsi ereksi karena organ genim itu 50-60 persen. Tapi juga psikogenik juga sekitar 50 persen dan keduanya bisa sekutar 30-40 persen. Artinya bahwa stres juga memegang peranan penting," jelas dokter Boyke, dikutip dari video di kanal YouTube pribadinya.

Lebih lanjut, dokter Boyke menjelaskan, tubuh akan alami banyak perubahan ketika sedang stres. Terutama terjadi pada perubahan hormon yang diproduksi oleh tubuh.

"Ketika stres terjadi, apalagi sampai marah-marah, yang keluar itu bukan hormon kebahagiaan, yang keluar hormon non adrenalin yang kerjanya membuat ciut pembuluh darah, membuat jantung berdebar, dan membuat kekacauan di seluruh sistem hormonal. Akibatnya kalau pembuluh darah kecil, termasuk pembuluh aliran ke penis ciut, ya gak bisa 'bangun'," jelas dokter Boyke.

Hal serupa juga bisa terjadi pada perempuan. Stres berlebihan pada akhirnya akan membuat perempuan jadi sulit alami orgasme karena aliran pembuluh darah ke indung telur, yang memproduksi hormon estrogen, jadi mengecil. Padahal hormon estrogen dibutuhkan untuk membuat tubuh bisa alami orgasme.

"Ketika sedang stres perlu evaluasi apa penyebabnya, lalu pikir positifnya, sekarang tinggal gimana me-manage stres itu," saran dokter Boyke.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #teuku #ryan #akui #tertekan #karena #banyak #cicilan #dokter #boyke #sebut #stres #memang #bisa #pengaruhi #gairah #seks

KOMENTAR