Ketua MUI Sebut Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Bisa Tidak Sah, Lihat Lagi Deretan Artis Menikah Beda Agama
Rizky Febian dan Mahalini Raharja [instagram]
12:34
4 Mei 2024

Ketua MUI Sebut Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Bisa Tidak Sah, Lihat Lagi Deretan Artis Menikah Beda Agama

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan menikah besok, Minggu (5/5/2024). Namun, pernikahan keduanya menjadi sorotan lantaran perbedaan agama di antara Rizky Febian dan Mahalini. Bahkan, sebab perbedaan ini Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M. Cholil Nafis sampai mengatakan pernikahan keduanya tidak sah.

Dalam cuitannya di akun X pribanya, Cholil mengatakan, kalau pernikahan Rizky Febian dan Mahalini tidak sah berdasarkan ajaran agama Islam. Pasalnya, pernikahan keduanya dinilai hanya sah secara pencatatan, tetapi akad yang dilangsungkan tidak. Menurutnya, pernikahan itu sama saja seperti zina.

Rizky Febian dan Mahalini. [Instagram]Rizky Febian dan Mahalini. [Instagram]

"Nikah beda agama kalo menurut Islam itu tidak sah. Sedangkan pemerintah itu hanya pencatatan nikah, bukan mengesahkan akad nikahnya. Artinya, perkawinan beda agama itu saat hubungan suami istri sama dengan berzina menurut ajaran Islam," cuitnya di X pada Jumat (3/5/2024).

Pernyataan Cholil tersebut lantas membuat pasangan-pasangan lainnya menjadi perhatian. Hal ini karena selain Rizky Febian dan Mahalini, terdapat beberapa pasangan lainnya yang menikah meski berbeda agama.

Lantas siapa saja pasangan artis yang putuskan menikah beda agama? Berikut deretan artis yang menikah dengan menganut ajaran agama masing-masing.

Potret Deva Mahenra dan Mikha Tambayong (Instagram/@miktambayong)Potret Deva Mahenra dan Mikha Tambayong (Instagram/@miktambayong)

1. Deva Mahenra dan Mikha Tambayong

Pasangan satu ini diketahui menikah dan masih menganut agamanya masing-masing. Keduanya menikah pada Januari 2023 lalu. Sementara itu, dalam prosesnya, keduanya menjalani pernikahan dengan dua cara, yaitu Islam dan Nasrani.

Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata. [Instagram]Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata. [Instagram]

2. Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata

Artis lainnya yang juga menikah dengan agama berbeda yakni Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata. Namun, pernikahan keduanya tidak dilangsungkan di Indonesia. Diketahui, Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata melangsungkan pernikahan di Bhutan, Nepal pada Mei 2018 lalu.

Potret Rio Febrian dan Sabria Kono (instagram/@riofebrian25)Potret Rio Febrian dan Sabria Kono (instagram/@riofebrian25)

3. Rio Febrian dan Sabria Kono

Rio Febrian dan Sabria Kono juga menikah dengan keyakinan berbeda yakni Rio Febrian dan Sabria Kono. Keduanya melangsungkan pernikahan di Thailand pada Februari 2010 lalu

Sarah SechanSarah Sechan dan Neil G Furuno. (Instagram)

4. Sarah Sechan dan Neil G Furuno

Pasangan Sarah Sechan dan Neil G Furuno juga diketahui menikah dengan agama berbeda. Pasangan satu ini memutuskan menikah di di Los Angeles, Amerika Serikat pada Maret 2015 lalu.

Marcell Siahaan dan Rima Melati Adams [Instagram/@rimamelati]Marcell Siahaan dan Rima Melati Adams [Instagram/@rimamelati]

5. Marcell Siahaan dan Rima Melati

Marcell Siahaan dan Rima Melati dan Rima Melati menikah dengan agama yang berbeda. Keduanya melangsungkan pernikahan di Singapura pada Januari 2009. Namun, setelah menikah, Marcell Siahaan memutuskan untuk masuk agama Islam dan menjadi mualaf.

Jeremy Thomas dan Ina Thomas muda. [Instagram]Jeremy Thomas dan Ina Thomas muda. [Instagram]

6. Jeremy Thomas dan Ina Indayanti

Pasangan Jeremy Thomas dan Ina Indayanti diketahui menikah dengan agama yang berbeda pada 1994 di Singapura. Namun, setelah menikah Ina Indayanti telah memutuskan untuk memeluk agama Kristen.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #ketua #sebut #pernikahan #rizky #febian #mahalini #bisa #tidak #lihat #lagi #deretan #artis #menikah #beda #agama

KOMENTAR