Segini Total Hadiah Piala Asia U23 2024, Indonesia Siap Jadi Juara Tahun Ini?
Total Hadiah Piala Asia U23 2024 (Ig/timnas.indonesia)
17:18
29 April 2024

Segini Total Hadiah Piala Asia U23 2024, Indonesia Siap Jadi Juara Tahun Ini?

Timnas Indonesia U23 dipastikan akan mengantongi puluhan miliar rupiah apabila keluar jadi juara Piala Asia U23 2024. Pertanyaannya, berapa total hadiah Piala Asia U23 2024? Ketahui besarannya berikut ini. 

Indonesia berhasil menorehkan sejarah usai melaju hingga babak semifinal Piala Asia U-23, menghadapi tim Uzbekistan. Padahal, Piala Asia U23 AFC tersebut menjadi debut pertama Timnas Indonesia. Squad yang dilatih oleh Shin Tae Yong tersebut telah mengalahkan Jordania, Australia dan Korea Selatan. 

Pencapain besar ini pun tentu membanggakan Indonesia. Tak sampai di situ, tentu para pemain Garuda Muda berpeluang membawa hadiah uang yang fantastis.  

Total Hadiah Piala Asia U23 2024 

Federasi Sepak Bola Asia (AFC) hingga kini belum mengumumkan berapa jumlah uang yang akan diterima oleh sang juara. Akan tetapi, jika merujuk pada hadiah uang di Piala Asia tahun 2023 lalu, maka diperkirakan tak akan jauh berbeda dengan Piala Asia U23 tahun ini. 

Melansir dari Sportstar, tercatat AFC menggelontorkan dana senilai 14,8 juta dolar AS untuk para peserta Piala Asia 2023. Adapun juara Piala Asia 2023 sendiri menerima hadiah uang degan total 5 juta dolar atau bila dikonversikan ke rupiah setara denga Rp81 miliar. 

Sementara itu, untuk runner up menerima uang dengan total 3 juta dolar AS atau setara dengan Rp48 miliar. Lalu untuk masing-masing semifinalis mengantongi uang sebesar 1 juta dolar AS atau Rp16 miliar. 

Apabila Timnas Indonesia U23 mampu melaju hingga ke final Piala Asia U23, maka diperkirakan bisa mengantongi hingga Rp48 miliar. Meskipun demikian, hadiah uang dari pertandingan tersebut tampaknya bukan menjadi tujuan utama bagi skuad Timnas. Target Rafael Struick dan kawan-kawan dalam ajang ini yaitu dapat bermain di Olimpiade 2024 Paris. 

Pertandingan Indonesia vs Uzbekistan Piala Asia U23 2024

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 menghadapi Uzbekistan akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin (29/4/2024) mulai pukul 21.00 WIB. 

Sebelumnya, skuad Garuda muda menempuh jalan yang cukup berat agar bisa tembus semifinal Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya. Dengan cukup kontriversial, harus kalah melawan Qatar pada pertandingan pertama, Ivar Jenner dan rekan-rekan mampu bangkit lagi di laga kedua. 

Timnas Indonesia mampu menumbangkan tim Australia dengan torehan skor 1-0 melalui gol yang diciptakan oleh Komang Teguh. Ketika menghadapi partai penentu kontra Yordania, Timnas Indonesia U23 sebenarnya hanya perlu membutuhkan hasil seri untuk bisa lolos grup. Namun, Indonesia tampil sangat garang mengalahkan Yordania lewat kemenangan telak 4-1. 

Tim asuhan STY ini pun berhasil melaju ke babak perempat final dengan status sebagai runner up Grup A di bawah tim kuat Qatar. Saat menghadapi babak perempat final, tak sedikit pihak yang meragukan Indonesia dapat mengalahkan Korea Selatan. 

Akan tetapi, lagi-lagi Indonesia mengejutkan semua pihak dengan memetik kemenangan melalui drama adu penalti. Bermain imbang 2 sama hingga babak perpanjangan waktu, Timnas Indonesia U23 berhasil memulangkan Korea Selatan melalui adu penalti dengan skor final 11-10. 

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Uzbekistan. Juara Piala Asia U-23 2018 ini sukses menyapu bersih kemenangan dari fase grup hingga menciptakan 12 gol tanpa kebobolan sekalipun. 

Nah, itu tadi informasi tentang total hadiah Piala Asia U23 2024. Meski sampai saat ini AFC belum mengumumkan secara resmi berapa total uang yang akan diterima sang juara, namun diperkirakan jumlahnya tidak jauh dengan Piala Asia U23 2023. 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #segini #total #hadiah #piala #asia #2024 #indonesia #siap #jadi #juara #tahun

KOMENTAR