10 Kebiasaan Orang yang Selalu Maju Dalam Hidup Menurut Psikologi, Salah Satunya Menambah Rasa Syukur
Ilustrasi perempuan yang mempraktikkan perawatan diri melalui meditasi merupakan salah satu kebiasaan orang yang selalu maju dalam hidup. (Freepik)
09:36
27 April 2024

10 Kebiasaan Orang yang Selalu Maju Dalam Hidup Menurut Psikologi, Salah Satunya Menambah Rasa Syukur

– Orang selalu maju dalam hidup tentu tidak bisa dicapai dengan mudah, namun butuh kebiasaan-kebiasaan yang positif dan berdampak besar untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Rahasia sebenarnya untuk maju dalam hidup bukan dari keberuntungan namun tentang apa yang Anda lakukan hari demi hari. Menurut pakar psikologi ada beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh orang yang selalu maju dalam hidup.

Memahami kebiasaan orang yang selalu maju bukan berarti hanya tentang perubahan yang drastis namun tentang langkah-langkah kecil dan konsisten menuju kemajuan.

Apabila Anda ingin menjadi orang yang selalu maju dalam hidup artinya Anda perlu menerapkan kebiasaan yang bisa Anda terapkan sehari-hari dengan penuh konsisten. Dilansir dari laman Jeanette Brown, terdapat beberapa kebiasaan orang yang selalu maju dalam hidup. Simak selengkapnya.

1. Merangkul masa kini

Salah satu kebiasaan paling penting dari orang-orang yang selalu bergerak maju dalam hidup adalah kemampuan mereka untuk tetap berpijak pada saat ini. Psikologi menjelaskan bahwa kita memikirkan masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan dapat melumpuhkan kemampuan kita dalam mengambil keputusan. Hal ini bisa menjadi jebakan yang dapat membuat kita terjebak di tempat.

Namun, mereka secara konsisten bergerak maju telah menguasai seni mindfulness. Mindfulness artinya tentang terlibat sepenuhnya apa yang saat ini dialami. Hal ini tentang melepaskan gangguan dan fokus pada apa yang terjadi di sekitar Anda.

2. Menambah rasa syukur

Kebiasaan lain yang membedakan orang-orang yang maju dalam hidup adalah kemampuan mereka untuk memupuk rasa syukur. Ini bukan tentang mengabaikan tantangan-tantangan hidup melainkan mengenali hal-hal baik di tengah-tengah kesulitan.

Penelitian psikologis menunjukkan bahwa mempraktikkan rasa syukur dapat meningkatkan kebahagiaan, mengurangi depresi dan bahkan meningkatkan kesehatan fisik.

Orang yang selalu maju dalam hidup sering kali membuat jurnal rasa syukur atau meluangkan waktu sejenak setiap hari untuk merenungkan sesuatu yang mereka syukuri. Hal ini tentu dapat membuat mereka mempertahankan pandangan positif yang bisa mengatasi hambatan dan terus bergerak maju.

3. Menjaga pola pikir pembelajar

Orang yang konsisten melangkah maju dalam hidupnya tidak pernah berhenti belajar. Mereka mempertahankan pola pikir pembelajar, selalu berusaha untuk tumbuh dan berkembang.

Orang yang menganut pola pikir ini selalu bergerak maju karena terus mencari ilmu dan pengalaman baru. Mereka menerima perubahan, belajar dari kesalahan dan melihat setiap tantangan sebagai peluang untuk berkembang.

4. Melatih ketahanan

Orang yang mempraktikkan ketahanan tidak akan mengasihani diri sendiri atau menyerah ketika keadaan menjadi sulit justru mereka mengambil langkah maju, menilai situasi dan mencari cara terbaik untuk sukses.

Ketahanan bukanlah tentang bertahan menghadapi kesulitan tanpa emosi namun tentang mengakui perasaan Anda dan membiarkan diri Anda mengalaminya sepenuhnya dan kemudian melanjutkan hidup.

5. Memahami nilai-nilai inti Anda

Salah satu kebiasaan orang yang selalu maju dalam hidup adalah memahami nilai-nilai inti Anda. Hal ini tentang mengetahui apa yang benar-benar penting bagi Anda memungkinkan Anda bisa mengambil keputusan yang selaras dengan visi dan tujuan pribadi Anda.

Orang yang secara konsisten bergerak maju dalam hidup memiliki pemahaman yang jelas tentang nilai-nilai inti mereka. Dengan mampu mengidentifikasi nilai-nilai inti Anda maka Anda bisa merenungkan apa yang memberi Anda kegembiraan, kepuasan dan tujuan.

6. Menetapkan tujuan yang realistis

Penetapan tujuan bukan hanya soal bermimpi besar tapi juga memahami kemampuan dan batasan diri. Ini tentang menetapkan target yang menantang namun dapat dicapai. Orang yang selalu bergerak maju mampu memahami pentingnya memecah tujuan mereka yang lebih besar menjadi tugas-tugas yang lebih besar menjadi tugas yang lebih kecil dan dapat dikelola.

Dengan Anda menetapkan tujuan yang realistis artinya Anda mampu melibatkan potensi hambatan dan persiapan menghadapinya. Hal ini membuat Anda untuk menyisihkan waktu ekstra untuk penundaan yang tidak terduga atau mengembangkan rencana B jika tidak berjalan sesuai rencana.

7. Mempraktikkan perawatan diri

Orang yang konsisten bergerak maju sangat memahami bahwa menjaga kesehatan fisik, emosional dan mental. Mereka juga menyadari bahwa untuk melakukan yang terbaik dan terus maju mereka perlu memastikan bahwa mereka merasa dalam kondisi terbaik.

Memasukkan kesadaran ke dalam rutinitas perawatan diri Anda bisa sangat bermanfaat untuk Anda, mulai dari meditasi, yoga atau sekedar meluangkan waktu beberapa saat setiap hari untuk bernafas.

8. Menerima perubahan

Orang yang selalu maju dalam hidup melihat perubahan sebagai peluang untuk berkembang dan belajar.Mereka beradaptasi dalam menyesuaikan rencana mereka sesuai kebutuhan dan selalu menjaga tujuan akhir mereka tetap terlibat.

Apabila Anda ingin menjadi orang yang selalu maju dalam hidup maka perlu melihat perubahan bukan sebagai ancaman namun sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang.

9. Belajar melepaskan

Bergerak maju tidak selalu berarti berpegang teguh namun terkadang ini berarti memiliki keberanian untuk melepaskan. Dengan melepaskan apa yang tidak lagi bermanfaat bagi Anda, maka Anda memberi ruang bagi peluang dan pengalaman baru.

Anda bisa membebaskan diri dari beban masa lalu dan membuka diri terhadap kemungkinan di masa depan.

10. Memiliki komitmen

Bergerak maju membutuhkan usaha, dedikasi dan banyak kesabaran. Itu artinya menjadi orang yang selalu maju tidaklah mudah dan jarang sekali menempuh jalan yang lurus.

Namun, mereka selalu menjaga komitmen dan memperhatikan hasil suksesnya serta tidak membiarkan kemunduran menghalangi jalan mereka. Jadi apabila Anda ingin menjadi orang yang selalu maju dalam hidup perlu mengutamakan komitmen.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #kebiasaan #orang #yang #selalu #maju #dalam #hidup #menurut #psikologi #salah #satunya #menambah #rasa #syukur

KOMENTAR