11 Penyebab Perempuan Gemuk Setelah Menikah, Salah Satunya Kondisi Mental Selama Pernikahan
Penyebab wanita jadi gemuk setelah menikah. (Pexels/Jonathan Borba)
21:48
26 April 2024

11 Penyebab Perempuan Gemuk Setelah Menikah, Salah Satunya Kondisi Mental Selama Pernikahan

 Mengapa wanita sering kali mengalami peningkatan berat badan menjadi gemuk setelah menikah menjadi tanda tanya besar di masyarakat.

Fenomena ini sering kali memunculkan pertanyaan tentang bagaimana seorang wanita dapat menjadi gemuk setelah mereka menjalin suatu hubungan atau menikah dengan pasangannya.

Dilansir dari herzenspace.com dan hellosehat.com pada Jum’at (26/4) terdapat beberapa penyebab seorang wanita menjadi gemuk setelah mereka menikah.

1. Perubahan prioritas

Jika sebelum menikah wanita memiliki keleluasaan waktu dalam kebugaran diri, namun kelonggaran tersebut mengalami pengurangan pasca menjalin ikatan pernikahan.

Saat menikah, sesuatu yang diprioritaskan wanita mengalami pergeseran, bukan lagi pada kebugaran dirinya. Entah itu untuk anak-anaknya, pekerjaannya, atau hal-hal lainnya.

2. Diet berkurang

Kebiasaan diet ketat yang ditekuni sebelum menikah cenderung melonggar, menyebabkan wanita cenderung lebih memperbolehkan diri untuk mengonsumsi makanan yang sebelumnya dihindari.

Perubahan gaya hidup setelah menikah, termasuk rutinitas harian dan tanggung jawab baru, seringkali membuat sulit untuk tetap disiplin dalam menjaga pola makan.

3. Pola makan ikut pasangan

Kebiasaan makan secara komunal alias mengikuti pasangan dalam sebuah kehidupan pernikahan menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami peningkatan berat badan.

Makan bersama orang yang dicintai menjadi kesenangan tersendiri sehingga melupakan mengenai takaran, gizi maupun kesehatan lainnya.

4. Kurang waktu untuk merawat diri

Setelah menikah, perubahan dalam tanggung jawab sehari-hari sering kali mengakibatkan penurunan waktu untuk merawat diri, termasuk menjaga kebugaran tubuh.

Dengan fokus pada pembagian tanggung jawab rumah tangga, perhatian terhadap anak, atau yang lainnya, menjadikan sisa waktu yang tersedia untuk merawat tubuh menjadi terbatas hingga memungkinkan terjadinya peningkatan berat badan.

5. Kondisi mental

Kondisi mental selama pernikahan juga dapat mempengaruhi seseorang mengalami peningkatan berat badan.

Ketika seseorang mengalami stres misalnya, bisa melakukan pelarian pada konsumsi makanan berlebihan.

6. Kehamilan

Kehamilan seringkali menjadi faktor utama yang menyebabkan kenaikan berat badan pada wanita setelah menikah, di mana berat badan biasanya meningkat secara signifikan selama masa kehamilan.

Namun, setelah melahirkan, kembali ke berat badan semula menjadi tantangan, dengan kesibukan rutinitas sehari-hari dapat mengabaikan perawatan diri sendiri.

7. Kegiatan kumpul-kumpul

Terkadang pergaulan sosial setelah menikah seperti kumpul dengan keluarga maupun teman juga dapat berpengaruh dalam meningkatnya berat badan.

Pasalnya, dalam kegiatan kumpul tersebut tak jarang melibatkan makanan yang berpotensi meningkatnya konsumsi.

8. Perubahan hormon

Peningkatan berat badan setelah menikah dapat disebabkan juga oleh perubahan hormon. Beberapa hormon tersebut seperti testosteron, kortisol, insulin, progesteron, tiroid, dan estrogen.

Hormon-hormon ini tidak hanya memengaruhi perubahan fisik, tetapi juga memiliki hubungan yang erat dengan siklus menstruasi, kehamilan, dan proses menyusui pada wanita setelah menikah.

9. Kurang tidur

Berbagai kegiatan yang menumpuk baik di dalam rumah maupun kegiatan menempuh karir dapat menyebabkan wanita mengalami kekurangan tidur setelah menikah.

Kondisi semacam ini berkorelasi dengan menambahnya berat badan karena terganggunya keseimbangan hormonal. Bahkan tak jarang berhasrat makan makanan padat kalori.

10. Kurang olahraga

Lagi-lagi karena kepadatan kegiatan setelah menikah, membuat seseorang kurang melakukan perawatan diri.

Salah satunya yakni dalam hal olah raga. Kurangnya berolah raga setelah menikah dapat meningkatkan berat badan.

11. Gaya hidup tidak sehat

Beberapa pola hidup yang kurang sehat setelah menikah dapat berpotensi meningkatkan berat badan.

Misalnya, bermalas-malasan dengan pasangan atau tidak banyak gerak seperti menonton TV.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #penyebab #perempuan #gemuk #setelah #menikah #salah #satunya #kondisi #mental #selama #pernikahan

KOMENTAR