Prabowo Subianto Sebut Senyum Anies Baswedan Berat Saat Pidato Kemenangan di KPU, Inikah Arti di Baliknya?
Presiden Terpilih Periode 2024-2029, Prabowo Subianto (kanan) menyapan Capres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Capres-Cawapres Terpilih di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
14:45
24 April 2024

Prabowo Subianto Sebut Senyum Anies Baswedan Berat Saat Pidato Kemenangan di KPU, Inikah Arti di Baliknya?

Setelah dinyatakan sebagai presiden terpilih di Gedung KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada Rabu (24/4/2024), Prabowo Subianto,  sempat mengeluarkan komentar yang menyinggung Anies Baswedan dalam pidatonya. Ia menyoroti cara Anies Baswedan senyum

"Saya tahu senyuman anda berat sekali itu, tapi kini yang dituntut oleh rakyat kita, kalau kontestasi adem-adem saja, kalau kontestan tidak tajam dan tidak keras, namanya bukan untuk rakyat," tuturnya.

Senyum sendiri memang kerap dilakukan saat manusia berinteraksi satu sama lain. Namun demikian, senyum seseorang ke orang lainnya bisa memiliki makna yang beragam. Lantas apa sebenarnya makna senyum yang diberikan oleh Anies Baswedan?

Berikut ini beberapa jenis senyum dan arti di baliknya. 

Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyapan Pasangan Capres-Cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Capres-Cawapres Terpilih di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyapan Pasangan Capres-Cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Capres-Cawapres Terpilih di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Senyuman Hadiah

Senyuman bisa muncul dari perasaan positif seperti kepuasan atau kebahagiaan. Penelitian menunjukkan senyuman ini bisa memotivasi diri sendiri atau orang lain. Ketika bayi tersenyum pada ibunya, itu memicu rasa bahagia di otak ibu.

Senyuman Afiliasi

Senyuman ini digunakan untuk menunjukkan rasa sopan, kepercayaan, dan niat baik. Biasanya melibatkan angkat bibir dan mungkin menunjukkan lesung pipi.

Senyuman Dominasi

Senyuman ini menunjukkan superioritas atau penghinaan. Biasanya asimetris dengan satu sisi mulut lebih tinggi dari sisi lain. Penelitian menunjukkan senyuman ini dapat meningkatkan hormon stres dan detak jantung.

Senyuman Bohong

Pada orang yang berbohong, otot yang membuat bibir tersenyum seringkali aktif. Namun, ini bukan indikator pasti.

Senyuman Sedih

Kita bisa tersenyum meskipun sedang sedih. Penelitian menunjukkan senyuman ini bisa membantu saat proses berduka dan bahkan saat mengalami sakit fisik.

Senyuman Sopan

Digunakan dalam situasi formal atau saat menyampaikan kabar buruk. Biasanya hanya melibatkan mulut tanpa melibatkan mata.

Senyuman Genit

Senyuman ini digunakan untuk menggoda. Ada berbagai tips untuk mengoptimalkannya, namun efektivitasnya beragam.

Senyuman Malu

Senyuman ini disertai dengan kepala yang dimiringkan dan pandangan yang bergeser. Tidak bertahan lama seperti senyuman lainnya.

Senyuman Pan Am

Senyuman ini dianggap palsu dan dipaksakan. Biasanya melibatkan banyak gigi dan seringkali tidak simetris.

Senyuman Duchenne

Dikenal sebagai senyuman tulus, melibatkan mulut, pipi, dan mata. Senyuman ini membuat orang terlihat lebih autentik dan ramah, berdampak positif pada hubungan dan kesehatan.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #prabowo #subianto #sebut #senyum #anies #baswedan #berat #saat #pidato #kemenangan #inikah #arti #baliknya

KOMENTAR