Kisah Maruarar Sirait Gagal Jadi Menteri, Kini Pilih Setia ke Jokowi dan Tinggalkan Megawati
Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2019, Maruarar Sirait (kanan) saat memberikan laporan terkait penyelenggaraan Piala Presiden 2019 kepada Presiden Joko Widodo (kiri). (dok. PSSI).
13:27
16 Januari 2024

Kisah Maruarar Sirait Gagal Jadi Menteri, Kini Pilih Setia ke Jokowi dan Tinggalkan Megawati

Politikus PDIP Maruarar Sirait memutuskan untuk keluar dari partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri. Padahal pria yang biasa dipanggil Ara itu sudah belasan tahun di PDIP.

Ara sendiri menyebut bahwa keputusannya hengkang dari PDIP terkait dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurutnya ia mengikuti langkah Jokowi dalam hal politik, termasuk meninggalkan PDIP.

Hengkangnya Ara sontak mengundang perhatian, pasalnya ia meruakan putra dari Sabam Sirait, politikus senior yang ikut bersama Megawati Soekarnoputri membesarkan PDIP.

Ara juga pernah menjadi anggota Komisi XI DPR tiga periode, yakni di periode 2004-2009, 2009-2014, 2014-2019 dari fraksi PDIP.

Soal karier politik, ada cerita bahwa dirinya bahkan sempat hampir menjadi menteri Jokowi.

Politisi Maruarar Sirait mengembalikan KTA PDIP ke Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024). (IG @/maruararsirait)Politisi Maruarar Sirait mengembalikan KTA PDIP ke Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024). (IG @/maruararsirait)

Kisah Maruarar Gagal Jadi Menteri

Nama Maruarar sempat masuk dalam kabinet di pemerintahan Jokowi pada periode pertama. Ara sendiri masuk menjadi salah satu dari 34 nama menteri di Istana Merdeka.

Kala itu, Ara bahkan sempat datang ke Istana menggunakan pakaian putih seperti calon menteri lainnya. Sayangnya, Ara kemudian tak muncul lagi pada pertemuan Minggu (26/10/2014).

Jokowi sendiri sempat menjelaskan bahwa meski Ara tak masuk kabinet, politisi PDIP itu masih tetap menjadi kolega dekatnya.

Diketahui bahwa sebelumnya Ara rupanya sempat dikabarkan mau dijadikan Menteri Pemuda dan Olahraga pada periode pertama.

Namun tepat sebelum pengumuman, Ara sempat diminta datang ke Teuku Umar, Jakarta yang merupakan kediaman Ketua Umum PDIP. Kemudian, dalam pengumuman 34 nama menteri-menteri tersebut, nama Ara tak masuk.

Hal ini yang membuat spekulasi bahwa Ara tak dapat restu Megawati untuk jadi menteri Jokowi.

Tak hanya sekali, nama Ara juga sempat disebut-sebut bakal jadi pengganti Menpora Zainudin Amali, namun kembali urung.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #kisah #maruarar #sirait #gagal #jadi #menteri #kini #pilih #setia #jokowi #tinggalkan #megawati

KOMENTAR