Viral Cewek Beli Baju Berat 0,5 Kg Disuruh Bea Cukai Bayar Rp 32 Juta, Warganet: untuk Indonesia Emas
Ilustrasi paket belanja online / online shop
14:07
23 April 2024

Viral Cewek Beli Baju Berat 0,5 Kg Disuruh Bea Cukai Bayar Rp 32 Juta, Warganet: untuk Indonesia Emas

Bea Cukai sedang menjadi trending topic di X atau Twitter. Berdasarkan penelusuran Suara.com, kata kunci Bea Cukai tengah diperbincangkan lebih dari 4.000 kali.

Hal ini tak lepas dari sejumlah curhatan warganet yang merasa "dipalak" Bea Cukai. Salah satu curhatan berasal dari seorang cewek yang bercerita bahwa pesanan paket baju dari luar negeri tertahan di Bea Cukai.

Cewek ini menjelaskan bahwa paket baju miliknya dikirim lewat DHL. Adapun paket baju tersebut memiliki berat 0,5 kilogram.

Namun cewek ini langsung "menangis" saat mengetahui nominal uang yang harus dikeluarkannya untuk mengambil paket miliknya di Bea Cukai. Ia diminta Bea Cukai membayar Rp 32 juta dengan alasan pajak tekstil jika mau mengambil paket baju tersebut.

"Guys, paket (baju) aku ketahan di Bea Cukai dikirimnya pakai DHL, beratnya 0,5 kilogram tapi aku diminta bayar pajak tekstil Rp 32 juta ke Bea Cukai," curhat cewek ini lewat akun X @/ladymitrescu pada Senin (22/4/2024).

Cewek ini pun menangis karena kebingunan membayar baju dengan harga fantastis. Ia mengaku tidak mungkin bisa mengeluarkan uang Rp 32 juta hanya untuk menebus baju seberat 0,5 kilogram tersebut.

"Ada yang ngerti gak? Soalnya gak mungkin banget (membayar Rp 32 juta)," lanjut cewek ini dengan membubuhkan emoji menangis.

Sontak curhatan cewek tersebut langsung membuat warganet emosi dan mengamuk. Banyak yang tak habis pikir terkait kebijakan Bea Cukai yang memberikan pajak dengan nominal tak masuk akal. Mereka pun ramai mengkritik Bea Cukai.

Apalagi sebelumnya juga viral curhatan pria yang membeli sepatu seharga Rp 10 juta dari Jerman. Namun pria itu diharuskan membayar Bea Rp 30 juta oleh Bea Cukai.

"Kayaknya kiriman dari luar negeri yang ngga kena biaya yang ajaib ini hanyalah kiriman doa dari Tanah Suci. Bayang pun jika kiriman doa juga kena pajak," sindir warganet.

"Sama-sama pakai pengiriman DHL dan ketahan di Bea Cukai. Beli sepatu Rp 10 juta (harus bayar Rp 31 juta, beli baju berat 0.5 kilogram harus bayar Rp 32 juta). Ada lagi kah yang mengalami permasalahan serupa?" kritik warganet.

"Semua berpajak ya untuk Indonesia emas," sahut warganet.

"Rp 32 juta bisa buat usaha kaos oblong," tambah yang lain.

"Minta ke DHL: breakdown item yang harus dibayar. Pengalaman gue: DHL keliru input HS code, jadi item-item tersebut kena rate tinggi. (Fashion: sepatu, baju, tas dkk tarif BM lebih tinggi). Kemungkinan lain: input harganya ketinggian (mungkin karena gak disertakan receipt). Bisa diurus harusnya," saran warganet.

"Ironi ya kakalu warga yang beli dari luar pajaknya gede banget. Sedangkan banyak jastip China Bangkok bawa ber karung-karung baju pakai kargo dengan pajak murah," komentar warganet.

"Pernah kepikiran gak sih lu, azab/siksa di akhirat nanti buat pegawai Bea Cukai tuh kek apa? Dzolim banget anjir sama warga negara sendiri," tambah yang lain.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #viral #cewek #beli #baju #berat #disuruh #cukai #bayar #juta #warganet #untuk #indonesia #emas

KOMENTAR