Memahami 10 Kebiasan Orang Cerdas dan Sukses, Layaknya Benjamin Franklin, Mengatur Waktu Tidur Jadi Salah Satu Kuncinya
Ilustrasi- Benjamin Franklin, sosok cerdas dan sukses dalam sejarah / TIME for Kids
15:36
21 April 2024

Memahami 10 Kebiasan Orang Cerdas dan Sukses, Layaknya Benjamin Franklin, Mengatur Waktu Tidur Jadi Salah Satu Kuncinya

 

 - Kesuksesan bukanlah pemberian, melainkan hasil dari kerja keras setiap orang yang mendambakannya. 

Sigmund Freud, Benjamin Franklin, dan Immanuel Kant, misalnya. Mereka adalah orang-orang cerdas yang menjadwalkan hidup mereka berdasarkan nilai-nilai dan kebutuhan unik masing-masing.

Seperti yang diketahui, strategi produktivitas yang berhasil membuat sukses pada satu orang mungkin tidak cocok untuk yang lain.

Meskipun tidak ada pendekatan satu ukuran yang cocok untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai kesuksesan, mempelajari bagaimana para pemikir cerdas seperti Benjamin Franklin dan lainnya dalam mengatur waktu mereka dapat menjadi panduan yang sangat membantu.

Melansir Inc, Minggu (21/4), berikut 10 kebiasaan orang cerdas dalam meraih kesuksesan, menurut sejarah beberapa tokoh.

1. Prioritaskan jumlah tidur yang cukup

Orang yang cerdas menyadari pentingnya tidur dalam mempertahankan tingkat energi fisik dan mental yang tinggi sepanjang hari.

Kant dan Franklin rata-rata tidur sekitar tujuh jam per malam, sementara Freud, yang suka tidur malam, rata-rata tidur enam jam.

2. Berikan waktu transisi yang tepat di pagi hari

Rutinitas pagi hari baik atau buruk berdampak besar pada kondisi mental Anda. Benjamin Franklin meluangkan waktu setiap pagi untuk merenung dan menetapkan niat tertentu setiap hari, sementara Freud lebih suka sarapan dan kemudian memastikan bahwa dia berpenampilan baik untuk hari itu.

Immanuel Kant memulai paginya dengan minum teh, meditasi, dan menghisap pipa tembakau (rokok).

3. Tentukan waktu tertentu untuk tujuan utama Anda

Kant menghabiskan minimal empat jam setiap hari untuk menulis dan berkonsultasi dengan Joseph Green untuk memajukan filosofinya.

Franklin menghabiskan 8 jam untuk meliput berbagai minatnya mulai dari musik, bahasa, hingga sains. Freud, yang tenggelam dalam pekerjaannya, menghabiskan sekitar 10 jam dengan pasien psikoanalitik setiap hari.

4. Temukan keseimbangan optimal antara input dan output Anda

Beberapa orang membutuhkan lebih banyak input daripada output, sementara yang lain mungkin berfungsi lebih baik jika sebaliknya.

Benjamin Franklin menghabiskan sekitar sembilan jam setiap hari untuk melakukan beberapa jenis aktivitas yang memberinya energi dan hanya delapan jam untuk melakukan hal-hal yang menghabiskan energi.

Freud dan Kant lebih suka menghabiskan antara 11 dan 12 jam untuk melakukan output dan menghabiskan 5-6 jam untuk mengisi ulang tenaga (tidak termasuk tidur).

5. Minimalkan gangguan Anda, terutama gangguan digital

Matikan notifikasi Anda dan alokasikan waktu tertentu untuk mendapatkan informasi terbaru. Orang yang paling cerdas menghabiskan lebih banyak waktu untuk tenggelam dalam setiap momen dibandingkan melakukan banyak hal (multitasking).

6. Bangun pagi-pagi

Meskipun hal ini mungkin tidak berlaku untuk seniman dan orang-orang yang berpikiran kreatif, tiga orang cerdas di atas semuanya senang bangun pagi-pagi. Kant dan Franklin memulai pagi hari mereka pada jam 5 pagi.

Sedangkan Freud, ia memulai pagi harinya pada jam 7 pagi. Namun, dia juga menulis sampai jam 1 dini hari. Penting untuk memperlakukan hari-hari Anda sebagai peluang untuk berkembang menuju kesuksesan.

7. Prioritaskan waktu henti untuk melakukan dekompresi dan mengisi ulang tenaga

Setiap orang cerdas memilih untuk menjadwalkan waktu senggang dalam rutinitas mereka yang padat. Freud memberikan waktu untuk bersantai setelah menemui pasien.

Sedangkan, Kant dan Franklin menikmati membaca, makan, dan mendengarkan musik untuk menyegarkan diri dari rutinitas padat mereka.

8. Berolahragalah setiap hari, walaupun hanya satu jam

Freud dan Kant sama-sama penggemar berat jalan-jalan sore untuk memulihkan diri. Beberapa dari perjalanan yang mereka lakukan merupakan jalan santai, namun Freud diketahui berjalan melewati daerah Wina dengan lebih cepat.

Franklin tidak berolahraga, dia hampir dipastikan memiliki kelebihan berat badan selama hidup, bahkan tanpa mengkonsumsi sirup jagung dengan fruktosa tinggi seperti yang kita dapati saat ini.

9. Maksimalkan jam paling produktif Anda di pagi dan sore hari

Setiap orang cerdas mengetahui bahwa jam paling produktif mereka adalah di pagi dan sore hari.

Mereka masing-masing menghabiskan sebagian besar waktunya di pagi dan sore hari untuk melakukan hobi utama mereka. Temukan apa yang cocok untuk Anda dan maksimalkan waktu itu.

10. Sederhanakan jadwal Anda sebanyak mungkin

Hal terakhir yang diperoleh dari menyisir jadwal Sigmund Freud, Immanuel Kant, dan Benjamin Franklin adalah kesederhanaan mereka.

Semua orang tahu bahwa kesederhanaan adalah hal yang tidak menguras waktu, orang yang cerdas, produktif, dan penuh inspirasi berusaha mengurangi kerumitan yang tidak perlu dalam menjalani hidup mereka.

Bagi mereka, kerumitan akan lebih banyak menghabiskan waktu mereka pada hal yang seharusnya tidak perlu.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #memahami #kebiasan #orang #cerdas #sukses #layaknya #benjamin #franklin #mengatur #waktu #tidur #jadi #salah #satu #kuncinya

KOMENTAR