6 Inspirasi Kebaya untuk Hari Kartini 2024, Kutubaru hingga Model Jawa, Mana Pilihanmu?
Ilustrasi kebaya untuk Hari Kartini 2024, Sarwendah (Instagram/sarwendah29)
16:30
20 April 2024

6 Inspirasi Kebaya untuk Hari Kartini 2024, Kutubaru hingga Model Jawa, Mana Pilihanmu?

Peringatan Hari Kartini jatuh setiap tanggal 21 April. Untuk memperingatinya, biasanya para perempuan diharuskan memakai kebaya. Nah bagi yang butuh inspirasi kebaya, berikut ini rekomendasi kebaya untuk Hari Kartini 2024.

Diketahui bahwa Kartini merupakan salah satu pahlawan Indonesia yang sangat vocal memperjuangkan hak-hak perempuan. Untuk mengenal jasa-jasanya,  setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini.

Pada momen Hari Kartini ini para perempuan diharuskan memakai kebaya. Saat ini, jenis kebaya bermacam-macam. Nah berikut ini rekomendasi kebaya untuk Hari Kartini 2024 yang bisa dijadikan inspirasi.

1.  Kebaya Kutubaru

Potret Ayu Selvi Ananda Pakai Kebaya Kutubaru Saat Upacara Hari Ibu. (Dok. YouTube/BeritaSurakarta)Potret Ayu Selvi Ananda Pakai Kebaya Kutubaru Saat Upacara Hari Ibu. (Dok. YouTube/BeritaSurakarta)

Salah satu jenis kebaya yang recommended untuk dipakai pada peringatan Hari Kartini yatu jenis kebaya Kutubaru. Kebaya jenis ini memiliki model yang simple dan klasik. Kebaya ikonik ini memiliki potongan ketat pada bagian lengan. Untuk memakainya perlu menggunakan korset/longtorso.

2. Kebaya Noni

Rekomendasi jenis kebaya lainnya yang cocok digunakan pada Hari Kartini yaitu Kebaya noni. Kebaya yang terinspirasi dari pakaian Belanda ini memiliki model yang simpel juga anggun. Kebaya ini memiliki desain bukaan yang dihiasi renda di bagian depannya.

3.  Kebaya Encim

Kebaya Encim juga salah satu rekomendasi kebaya yang cocok digunakan di Hari Kartini. Kebaya jenis ini memiliki model yang dipadukan dengan unsur budaya Cina. Kebaya  yang memiliki bahan lembut dan tipis ini dihiasi sulaman bordir terawang.

4.  Kebaya Kartini

Jeni kebaya berikut untuk Hari Kartini yaitu kebaya Kartini. Kebaya ini memiliki model khas kebaya yang biasa dipakai oleh Kartini. Adapun ciri khas kebaya Kartini ini memiliki lipatan pada bagian dada dan panjangnya sepinggul.

5.  Kebaya Madura

Rekomendasi kebaya yang digunakan untuk peringatan Hari Kartini berikutnya yaitu kebaya Madura atau dikenal juga dengan sebutan rancongan. Kebaya model ini pada bagian bawahnya dibentuk menyerong dan panjang kebaya sepinggang.

6.  Kebaya Jawa

Potret Erina Gudono Berkebaya. (Instagram/erinagudono)Potret Erina Gudono Berkebaya. (Instagram/erinagudono)

Kebaya Jawa juga salah satu rekomendasi Kebaya yang bisa digunakan di Hari Kartini. Kebaya ini memiliki karakteristik dengan bahan transparan.

Adapun bahan transparan berupa brokat yang dihiasi payet. Selain itu, desain kebaya ini juga memiliki model kerah berbentuk V-neck.

Demikian ulasan mengenai  rekomendasi kebaya untuk Hari Kartini 2024 yang akan diperingati pada tanggal 21 April. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #inspirasi #kebaya #untuk #hari #kartini #2024 #kutubaru #hingga #model #jawa #mana #pilihanmu

KOMENTAR