Memiliki Empati yang Tinggi, Kenali Ciri-ciri Kepribadian Plegmatis, Salah Satunya Introvert
Ilustrasi menjadi pendengar yang baik. (Pexels)
11:32
16 April 2024

Memiliki Empati yang Tinggi, Kenali Ciri-ciri Kepribadian Plegmatis, Salah Satunya Introvert

Plegmatis merupakan salah satu dari empat tipe kepribadian berdasarkan watak manusia, antara lain yaitu melankolis, koleris, dan sanguinis. Dibanding ketiganya, sosok plegmatis dikenal memiliki empati yang tinggi. Seseorang dengan kepribadian plegmatis dikenal sebagai sosok yang tenang menghadapi sesuatu hal, bahkan cenderung diam, sehingga terkadang dianggap tidak bertanggung jawab hingga non responsive.

Melansir dari Personalityunleashed.com seorang dengan tipe kepribadian plegmatis tergolong introvert dan cenderung lebih fokus pada pikiran dan perasaan batinnya dibandingkan dengan rangsangan luar.

Plegmatis lebih suka menghabiskan waktunya sendirian atau sekedar bersama kelompok kecil, seperti teman dekatnya. Kepribadian ini cenderung menghindari perkumpulan hingga pertemuan sosial yang besar.

Namun, sosok plegmatis menjadi pendengar yang baik bahkan sering dimintai nasehat oleh orang lain. Hal itu disebabkan mereka memiliki tingkat sabar yang tinggi dan berkemampuan menoleransi orang serta situasi sulit apapun.

Menurut sebuah penelitian dalam Biomolecular and Health Science Journal pada tahun 2018 dilansir dari hellosehat.com kepribadian seseorang tercermin dari perilaku serta pola pikir dalam merespon kejadian, seperti tanda-tanda plegmatis berikut.

1. Suka menyenangkan hati orang lain

Sosok plegmatis tidak suka berasumsi dan selalu mengedepankan kepentingan orang lain. Bahkan, mereka memiliki kecenderungan menyenangkan hati orang lain alias menjadi people pleaser.

Plegmatis menyukai hubungan yang dekat dan akrab dengan orang. Mereka cenderung menghindari konflik sehingga seringkali menjadi penengah untuk menjaga keharmonisan dan kedamaian dalam bersosial.

Dalam berinteraksi seorang dengan kepribadian plegmatis selalu berusaha memahami perasaan dan pemikiran orang lain untuk menghindari kesalahpahaman. Oleh sebab itu mereka dikenal memiliki rasa empati tinggi dan penuh kasih sayang.

2. Mudah bergaul

Meskipun suka menghindari kelompok sosial yang besar, seorang plegmatis senang memiliki hubungan dekat dengan orang lain. Hal itu disebabkan mereka memiliki kemampuan memberikan kasih sayang, pengertian, dan menjadi pendengar yang baik.

Kepribadian plegmatis juga dikenal lebih stabil dalam menghadapi masalah, sebab kemampuan bersikap tenang dan sabar membuatnya terbuka serta tidak marah jika ruang geraknya dicampuri oleh orang lain.

3. Tidak lari dari masalah

Seseorang dengan kepribadian plegmatis dikenal memiliki ketenangan tinggi, oleh sebab itu mereka tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan atau bersikap impulsif. Sehingga, seringkali tidak salah mengambil keputusan.

Meskipun tidak suka dengan konflik dan konfrontasi, bukan berarti seorang plegmatis lari dari masalah. Kepribadian ini akan berusaha mencari solusi terbaik demi menjaga keharmonisan. Mereka mungkin melakukan penundaan, namun hal itu sebab rasa tenang yang ditonjolkan.

Sehingga, alih-alih memperkeruh masalah dengan emosi dan amarah yang meluap, seorang plegmatis lebih suka mencari jalan tengah dan mencari kedamaian untuk semua pihak yang terlibat.

4. Suka menawarkan solusi

Kepribadian plegmatis merupakan seorang pendengar yang baik dan dianggap penuh kasih sayang, karena mereka suka mendengarkan orang lain. Mereka mudah menerima interaksi dengan siapapun dan apapun itu.

Oleh sebab itu, seorang plegmatis senang mencarikan solusi untuk masalah orang-orang tersebut. Biasanya mereka menawarkan jalan tengah yang baik serta kedamaian akan konflik itu.

Menganalisis tanda-tanda di atas, seseorang dengan kepribadian plegmatis tidak sepenuhnya menjadi kelebihan kepribadian yang dimiliki. Beberapa kekurangan seperti lebih mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri, hingga sulitnya mengambil keputusan.

Seorang plegmatis terkadang ragu dan pasif saat menghadapi permasalahan, sebab mereka cenderung menghindari konflik dan konfrontasi. Mereka juga mungkin kesulitan dengan motivasi serta penundaan, sebab lebih santai dan tidak merasakan urgensi untuk menyelesaikannya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #memiliki #empati #yang #tinggi #kenali #ciri #ciri #kepribadian #plegmatis #salah #satunya #introvert

KOMENTAR