Anti Kewalahan, Simak 9 Cara Agar Tetap Termotivasi untuk Menyelesaikan Pekerjaan Meski Sedang Stres
Ilustrasi seseorang yang stres saat bekerja. (Freepik/wayhomestudio)
06:02
13 April 2024

Anti Kewalahan, Simak 9 Cara Agar Tetap Termotivasi untuk Menyelesaikan Pekerjaan Meski Sedang Stres

- Jenuh dalam bekerja menjadi hal wajar. Bahkan, rasa jenuh dapat menyebabkan seseorang menjadi stres. Namun, tenggat waktu untuk menyelesaikan pekerjaan membuat seseorang harus segera mengesampingkan rasa stres tersebut.

Tentu, hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Kendati demikian, terdapat beberapa cara agar seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan meski sedang stres. Simak beberapa cara agar tetap termotivasi untuk menyelesaikan tugas meski sedang stres, dikutip dari Healthline.com:

1. Rencanakan Seluruh Harimu

Ketika tugas-tugas menumpuk, hal tersebut itu bisa membuatmu merasa terbebani. Manajemen waktu adalah kunci dalam situasi ini. Kamu bisa meluangkan waktu satu jam dalam sehari untuk menuliskan rutinitas harian. Contohnya berolahraga di pagi hari, membalas email selama 10 menit, dan lain-lain.

Selain itu, susun sesuai keinginanmu, tetapi tentukan jam-jam tertentu dalam sehari untuk tugas-tugas tertentu. Hal ini seperti yang disampaikan oleh seorang konselor kesehatan mental Nick Bryant.

Membuat panduan untuk mengerjakan tugasmu akan terasa lebih mudah dikelola. Kamu dapat merencanakannya menggunakan kalender di ponselmu ketika kamu berhenti dan melanjutkan ke tugas baru atau menggunakan aplikasi khusus untuk mengaturnya.

2. Buatlah Daftar dan Kerjakanlah

Tindakan sederhana dengan menuliskan apa yang perlu kamu lakukan dapat memicu motivasi dan membuatmu merasa lebih baik dan produktif.

Jika kamu merasa stres atau sedih, menuliskan beberapa pemikiran tersebut dapat membuat pemikiranmu tidak terlalu membebani.

"Membuat daftar yang mendorong produktivitas atau mengurangi gangguan dapat membantumu untuk fokus bahkan ketika pikiranmu sedang tidak menginginkannya. Mulailah dengan tugas-tugas yang kamu sukai atau kuasai untuk membantumu tetap termotivasi dan memaksimalkan waktu yang kamu habiskan di tempat kerja," ucap Adina Mahalli, pakar kesehatan mental bersertifikat dan profesional perawatan keluarga.

3. Bagi Menjadi Tugas yang Kecil

Saat membuat daftar, bagilah setiap tugas menjadi tugas-tugas kecil yang tampaknya lebih bisa dilakukan.

Hal akan membantumu menyelesaikan serangkaian tugas singkat. Meski tidak akan bertahan lama, tetapi cukup menjadi dorongan untuk membantumu melewatinya saat kamu tidak termotivasi.

Ketika kamu memiliki hal-hal kecil dan cepat yang dapat kamu capai, akan lebih mudah untuk memotivasi, tidak peduli seberapa kecil kemampuanmu.

4. Pahami Dirimu

Apakah kamu merasa lelah, lapar, atau haus? Mungkin kamu stres karena sesuatu di rumah atau terserang flu. Keadaan yang tidak nyaman ini dapat membuat tugas terasa lebih sulit untuk diselesaikan.

"Pada saat-saat seperti itu, seseorang perlu mengidentifikasi apa yang menghalanginya. Hanya dengan begitu mereka dapat bergerak maju," ungkap Lynn Berger, seorang konselor kesehatan mental dan karier berlisensi.

Meskipun menangani kasus kelelahan yang wajar memerlukan perubahan yang lebih lama dan lebih matang, hal lain seperti rasa lapar dapat diatasi dengan cepat. Jangan takut untuk benar-benar menganalisis perasaanmu dan apa yang dapat dilakukan untuk membantu.

5. Lakukan Tinjauan terhadap Kemajuanmu

Dokter spesialis, pendidik medis, dan penulis di The Productive Physician, Dr. Mark Lavercombe memberikan sebuah pernyataan.

"Saat saya merasa kewalahan dengan banyaknya hal yang harus saya lakukan di tempat kerja, strategi terbaik saya adalah melakukan tinjauan mingguan. Dengan meluangkan waktu untuk duduk, mengaudit tugas-tugas yang belum terselesaikan, dan mengakui penyelesaian tugas-tugas lain, saya merasakan pencapaian atas apa yang telah saya capai dan kejelasan tentang apa yang masih perlu saya lakukan. Ini adalah cara yang bagus untuk mengurangi rasa kewalahan yang sering kita rasakan," tuturnya.

Meluangkan waktu untuk membahas semua hal yang telah kamu selesaikan pada hari atau minggu itu dapat membuatmu lega.

6. Beristirahat Selama 5 Menit

Baik saat kamu berjalan-jalan sebentar di sekitar rumah, melakukan peregangan di meja kerja, atau minum air, luangkan waktu lima menit untuk dirimu bebas dari tekanan untuk bekerja.

"Bahkan hanya jeda lima menit dari apa yang kamu lakukan dapat membantumu untuk kembali fokus ketika kamu mengalami kesulitan mental di tempat kerja. Sisihkan waktu istirahat di hari tersebut untuk memanjakan emosimu. Hal ini memungkinkanmu untuk kembali mengerjakan tugasmu dengan segar dan produktif," kata Mahalli.

Dia mengakui bahwa beberapa orang membutuhkan lebih banyak istirahat dibandingkan yang lain. Jadi, seperti biasa, membandingkan dirimu dengan rekan kerja bukanlah ide yang baik.

7. Buat Playlist Kerja yang Memotivasi

Banyak orang memiliki playlist tertentu yang mereka dengarkan setiap kali mereka harus menyelesaikan tugas atau menyelesaikan pekerjaan berat.

Dengan memiliki latar belakang pekerjaan yang konsisten, hal ini dapat membantumu memiliki pola pikir yang benar dan bahkan membantumu merasa lebih rileks saat merasa tidak enak badan, tidak termotivasi, atau sekadar cemas.

Kamu bisa mendengarkan playlist umum yang kamu unduh di Spotify atau yang ditemukan di YouTube, atau daftar lagu pilihan yang kamu suka. Tambahkan beberapa lagu baru sesekali untuk menarik perhatianmu.

8. Perhatikan yang Kamu Konsumsi

Meskipun kamu mungkin beralih ke kafein sebagai cara untuk terus beraktivitas sepanjang hari, terlalu banyak kafein mungkin bukan cara terbaik untuk tetap fokus.

"Pada akhirnya, kafein berlebihan akan memperburuk perasaan mental yang keruh dan tidak fokus. Hal ini bahkan dapat membuatmu gugup dan gelisah," ungkap Dr. John Chuback, penulis 'Make Your Own Damn Cheese'.

Selain itu, kamu mungkin harus mencoba mengurangi makanan dan minuman yang tinggi gula sederhana, termasuk minuman ringan seperti soda, permen, dan makanan manis lainnya.

Sebenarnya boleh-boleh saja mengonsumsi itu dalam jumlah sedang, tetapi terlalu banyak tambahan gula dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah yang akan membuatmu merasa mudah tersinggung.

"Makanlah makanan seimbang yang berpusat pada sumber protein tanpa lemak, sayuran segar (sebaiknya dikukus), dan sejumlah kecil karbohidrat kompleks berkualitas tinggi seperti biji-bijian, dan beras merah," kata Chuback.

9. Gunakan Pakaian Favoritmu

Saat kamu stres atau cemas, pakaian dan aksesori dapat membuat perbedaan besar. Baik itu kemeja yang benar-benar kamu sukai atau baju yang membuatmu merasa sangat percaya diri, sedikit kepositifan yang terlihat itu mungkin memberi dorongan yang kamu butuhkan.

Selain itu, berusaha berpakaian dan menata rambut atau merias wajah di pagi hari dapat membantumu merasa lebih teratur, yang dapat membantu saat kamu merasa sisa hidupmu berantakan.

Cobalah menyimpan aksesori yang menyenangkan, seperti jam tangan, syal, atau gelang, di tempat kerja untuk dipakai ketika kamu mulai merasa tidak enak badan di tengah hari sehingga kamu bisa mendapatkan sedikit kepercayaan diri dan kreativitas.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #anti #kewalahan #simak #cara #agar #tetap #termotivasi #untuk #menyelesaikan #pekerjaan #meski #sedang #stres

KOMENTAR