7 Karakteristik Orang dengan Kepribadian ENFP, Si Jago Komunikasi namun Tidak Suka Rutinitas
Seseorang yang bosan dengan pekerjaannya. (Freepik)
13:34
10 April 2024

7 Karakteristik Orang dengan Kepribadian ENFP, Si Jago Komunikasi namun Tidak Suka Rutinitas

ENFP (extraversion, intuition, feeling, dan perception) merupakan individu yang sangat senang berinteraksi sekaligus membantu orang lain untuk mencapai kemajuan. Energetik, penuh kreativitas, dan karismatik merupakan sifat yang melekat pada seseorang dengan kepribadian ENFP.

Seorang ENFP dianugerahi banyak ide, enerjik, bergairah, dan berani bereksplorasi. Namun, mereka seringkali kesulitan mengatur skala prioritas, mudah stres, dan terkadang membutuhkan pengakuan orang lain.

Tipe kepribadian ENFP juga mampu mengalirkan energi positifnya ke orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, individu dengan kepribadian ini sering mendapat julukan motivator. Dilansir dari Hellosehat, beberapa karakteristik umum dari orang-orang bertipe kepribadian ENFP.

1. Kemampuan komunikasi yang baik

Seseorang dengan kepribadian ENFP memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun lewat tulisan. Mengkampanyekan segala sesuatunya menjadi lebih menyenangkan dan pandai mempersuasi orang.

Tipe kepribadian ENFP ini cukup peka terhadap perasaan orang lain sehingga mampu menyelesaikan dan menyampaikan solusi serta ide yang menyentuh dan menginspirasi orang lain.

2. Peduli pada orang lain

Mengenal seseorang melalui berkomunikasi, memahami permasalahan dan memberikan banyak motivasi dan nasehat merupakan hal alami yang dimiliki seorang ENFP, mereka juga benar-benar peduli dengan orang lain.

Sebagai individu dengan yang memiliki perasaan yang dominan dalam diri, tipe kepribadian ini mampu memahami emosi orang lain dengan cepat. Tak sekedar memahami, mereka bahkan sering berusaha memperbaiki perasaan orang lain yang sedang tidak baik-baik saja.

3. Kemampuan bersosialisasi yang baik

Kemampuannya dalam memahami perasaan orang lain dan berkomunikasi membuat seorang ENFP dapat dengan mudah bersosialisasi. kepribadian mereka yang hangat dan penuh dengan antusiasme saat bersosialisasi, benar-benar menunjukkan bahwa mereka adalah sosok yang hangat dan juga terbuka.

Mereka juga dengan mudah membangun obrolan dengan orang-orang di sekitar mereka, termasuk dengan orang-orang baru Sebagai seorang extrovert, ENFP memang mendapatkan energi melalui bersosialisasi. Ini berbeda dengan introvert yang mengisi energi dengan menyendiri.

4. Dapat menerima masukan

Tipe kepribadian ENFP tergolong cukup fleksibel dan termasuk ketika menerima perbedaan pandangan dari orang lain. Kemampuan ini yang membuat seorang ENFP dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan.

Mereka bisa spontan dan sangat mudah beradaptasi untuk berubah. Namun, sifat ini juga membuat mereka mudah bosan dan menyebabkan mereka mungkin kerap menunda pekerjaan.

5. Memiliki jiwa pemimpin alami

Salah satu karakter yang cukup identik dengan tipe kepribadian extrovert adalah berjiwa pemimpin. Orang dengan kepribadian ENFP umumnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik secara lisan maupun tulisan.

Tak hanya sekedar pandai berbicara, apa yang disampaikan oleh ENFP juga kerap memotivasi orang lain, Hal ini dapat mendorong dan membantu orang lain untuk memahami dan menemukan ide-ide bagus.

Keterbukaannya terhadap pendapat juga membuat tipe kepribadian ini bisa menerima masukan dari bawahannya. Ini merupakan salah satu ciri pemimpin yang baik.

6. Tidak menyukai sebuah rutinitas

Seseorang dengan kepribadian ENFP memiliki hal yang paling menonjol dari kepribadian yang lain. Mereka sangat tidak menyukai rutinitas dan lebih suka fokus pada masa depan. Ketika harus melakukan suatu pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan secara berulang, seorang ENFP akan mengambil waktu rehat dari apa yang dia lakukan untuk mencari kegiatan yang menurutnya lebih seru.

Bisa dibilang, tipe kepribadian ini cukup suka mencoba hal-hal baru karena sifatnya yang tidak menyukai rutinitas. Ini karena mereka cukup hebat dalam menghasilkan ide-ide baru, tetapi mereka terkadang menunda tugas-tugas penting sampai menit terakhir.

7. Memiliki rasa penasaran yang tinggi

Seorang ENFP memiliki ketertarikan tertentu dan ketika mereka tertarik dengan sesuatu maka seorang ENFP akan berusaha mencari tahu lebih dalam. Karena itu, Tak heran jika kepribadian ini dikenal memiliki rasa penasaran yang tinggi.

Orang dengan tipe kepribadian ENFP ini memiliki keinginan untuk bisa memahami orang lain. Mengenal seseorang dengan cara mencari tahu dengan berkomunikasi, menangkap setiap gerakan, cara bicara, dan tingkah seseorang untuk memenuhi penasaran. Namun, mereka juga sering tidak merasa puas dengan apa yang diketahuinya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #karakteristik #orang #dengan #kepribadian #enfp #jago #komunikasi #namun #tidak #suka #rutinitas

KOMENTAR