Taqabbalallahu Minna wa Minkum atau Minal 'Aidin wal Faizin, Mana Ucapan Idul Fitri yang Sesuai Sunnah?
Ilustrasi sungkem Lebaran. (freepik)
15:07
9 April 2024

Taqabbalallahu Minna wa Minkum atau Minal 'Aidin wal Faizin, Mana Ucapan Idul Fitri yang Sesuai Sunnah?

Hari Raya Idul Fitri 2024 diperkirakan jatuh pada Rabu (10/4/2024). Tak heran bila persiapan Lebaran sudah terlihat di berbagai penjuru, salah satunya tercermin dari banyaknya perantau yang mudik ke kampung halaman.

Namun biasanya ada satu hal yang banyak dipertanyakan terkait Lebaran, yakni bagaimana cara yang benar untuk mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri?

Sebagian pihak meyakini ucapan “taqabbalallahu minna wa minkum” yang dipakai saat hari Lebaran, tetapi sebagian yang lain biasa menggunakan ucapan “minal 'aidin wal faizin”.

Lantas ucapan manakah yang benar sesuai sunnah?

hasil sidang Isbat idul Fitri 2024 (Freepik)Hari Raya Idul Fitri 2024. (Freepik)

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan perkara ini di kanal YouTube Tanwir23. Menurutnya sudah menjadi tradisi sejak zaman Rasulullah SAW untuk saling menyelamati dalam kebaikan dan kebiasaan ini diriwayatkan dalam hadis sahih serta menjadi budaya di kalangan sahabat dan ulama.

“Saling menyelamati dalam kebaikan dengan ucapan ‘taqabbalallahu minna wa minkum’. Jadi saling mendoakan, bukan menyelamati, tapi mendoakan. Sunnah-nya kan memberi doa,” kata Ustaz Adi Hidayat, dikutip pada Selasa (9/4/2024).

Memangnya apa arti dari ucapan tersebut? “Taqabbalallahu minna wa minkum, semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian semua, ibadah yang telah kita tunaikan itu,” ujarnya.

Dalam hal ini maksudnya adalah saling mendoakan agar ibadah sepanjang bulan Ramadhan, mulai dari puasa, salat atau amalan yang lain, diterima oleh Allah SWT.

“Saat Idul Fitri, saat Idul Adha, perhatikan sunnah-nya, ‘taqabbalallahu minna wa minkum’, kita doakan ya semoga diterima puasa kita, amalan kita, dan seluruhnya. Kalimat yang singkat, jadi itu kalimat yang muncul diajarkan para ulama kita,” ungkap Ustaz Adi Hidayat.

Lalu bagaimana dengan ucapan minal ‘aidin wal faizin? Menurutnya ucapan tersebut baru muncul belakangan dan terutama banyak digunakan di masyarakat Indonesia.

Minal ‘aidin, (artinya) semoga kita termasuk orang yang kembali kepada fitrah, wal faizin, (artinya) dan beruntung kita. Itu utak-atik orang kita,” jelas Ustaz Adi Hidayat.

“Enggak salah kalau mau dipakai silakan saja, tapi kalau mau pakai yang sunnah yang tadi, taqabbalallahu minna wa minkum,” pungkasnya.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #taqabbalallahu #minna #minkum #atau #minal #aidin #faizin #mana #ucapan #idul #fitri #yang #sesuai #sunnah

KOMENTAR