Mantap Jadi Muslim di Umur 23 Tahun, Rieke Diah Pitaloka Pernah Masuk Sekolah Katolik dan Pesantren Sekaligus
Rieke Diah Pitaloka [Rena Pangesti/Suara.com]
12:07
7 April 2024

Mantap Jadi Muslim di Umur 23 Tahun, Rieke Diah Pitaloka Pernah Masuk Sekolah Katolik dan Pesantren Sekaligus

Perjalanan spiritual Rieke Diah Pitaloka tidak kalah menarik untuk diulik. Pasalnya Rieke yang lahir dan besar di keluarga Muslim mengaku baru mantap memeluk agama Islam di usianya yang ke-23 tahun.

Bukan tanpa alasan, Rieke rupanya memang dibebaskan oleh orangtuanya untuk menentukan sendiri agama yang akan dianutnya alih-alih hanya mengikuti agama yang diwariskan dari garis keturunan.

“Mereka Muslim ya, (tapi) orang tua saya bilang ‘Jangan kamu beragama hanya karena faktor orangtuamu, itu privasimu, silakan kamu putuskan’,” ujar Rieke di hadapan Melaney Ricardo, dikutip pada Minggu (7/4/2024).

Rieke Diah Pitaloka di kawasan Tendean, Jakarta, Rabu (22/3/2023) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]Rieke Diah Pitaloka di kawasan Tendean, Jakarta, Rabu (22/3/2023) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]


Keunikan cara pandang ini pun tercermin dari pendidikan yang ditempuh Rieke. Pasalnya pemeran Oneng di sitkom Bajaj Bajuri tersebut pernah menempuh pendidikan di dua sekolah berbasis keagamaan yang berbeda sekaligus.

“Dulu sekolahku dua, Mel, selagi kecil. Pagi itu sekolah Katolik, sore itu saya pesantren,” kata Rieke.

Melaney pun tampak terkejut dengan pengakuan tamu podcast-nya tersebut, “Wow unik sekali perpaduannya.”

Karena itulah, Rieke mengaku baru membaca dua kalimat syahadat sebagai penanda dirinya mantap memeluk agama Islam adalah ketika berusia 23 tahun. Kala itu Rieke merasa dirinya adalah seorang Muslim seutuhnya dan bukan akibat agama Islam yang dianut serta diwariskan oleh kedua orangtuanya.


“Umur 23 tahun itu baru aku bersyahadat menyatakan diri masuk Islam,” terang Rieke.

“Walaupun dari kecil sudah Islam?” tanya Melaney memastikan.

“Tapi kan itu karena orang tua, tapi sebagai orang yang dewasa memilih agama, menentukan bahwa Islam sebagai agama saya ya umur 23-24 tahun, saya syahadat sendiri. Tahun lalu saya mulai kembali mengaji, tapi saya kan bukan orang yang bisa bahasa Arab jadi saya harus terjemahannya, that’s why saya kalau khatam Al Quran itu saya lama banget,” tandas Rieke.

Sosok Rieke sendiri sekarang sedang menjadi perbincangan publik karena ketegasannya menuntut pengusutan kasus dugaan korupsi timah, termasuk memiskinkan para pelaku. Rieke juga mendesak para pelaku dan keluarga korupsi tersebut dicekal ke luar negeri.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #mantap #jadi #muslim #umur #tahun #rieke #diah #pitaloka #pernah #masuk #sekolah #katolik #pesantren #sekaligus

KOMENTAR