Kuliah di Luar Negeri, Anak Ridwan Kamil Tiba-tiba Putuskan Buka Hijab: Ini Caraku Jujur
Ridwan Kamil dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra (instagram)
11:50
5 April 2024

Kuliah di Luar Negeri, Anak Ridwan Kamil Tiba-tiba Putuskan Buka Hijab: Ini Caraku Jujur

Putri Ridwan Kamil dan Atalia Pratratya, Camillia Laetitia Azzahra membuat pernyataan ke publik terkait keputusannya melepas hijab. Hal ini ia sampaikan melalui akun Instagram miliknya.

Perempuan yang biasa dipanggil Zara itu menyebut dirinya memutuskan untuk tak lagi berhijab usai mendiskusikan dengan keluarganya.

"Aku melepaskan kerudungku, Jika aku berkerung lagi, itu harus datang dari pencarian keyakinan oleh diriku sendiri, bukan oleh permintaan lingkungan arau orang lain. Izinkan aku memulai perjalanan pencarian ini dengan caraku sendiri," tulis Zara.

Zara menyebutkan baginya seorang muslim yang baik adalah yang menjalankan syariat agama dari hati, bukan soal penampilan.

"Aku tidak suka membohongi orang lain karena aku pun tidak suka dibohongi maka dari itu, ini adalah cara aku untuk jujur," tambahnya.

Ridwan Kamil dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra. (Instagram)Ridwan Kamil dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra. (Instagram)

Zara juga menegaskan dirinya bukanlah sang ayah atau sang ibu, namun akan tetap menerapkan didikan mereka.

"Identitasku adalah namaku, Camillia Laetitia Azzahra, lahir di Bandung, etnisitas Sunda," ungkapnya.

Atas keputusannya melepas hijab, Zara meminta untuk tak menyalahkan kedua orang tuanya.

"Mereka mendidik aku untuk menjadi perempuan cerdas, berkarakter, dan bergama, dan ini semua adalah pilihanku sendiri. Aku memilih di mana orangtuaku sedang dalam masa tenang di dunia mereka dan juga bulan suci Ramadan," paparnya.

Pernyataan Zara sontak mengundang berbagai respons dari warganet.

"Dalam hati , sayang sekali kak tapi gakpapa balik lagi kita semua gak bisa memaksakan karna ini kehidupan kamu dan pilihan kamu, tapi izinkan kami semua untuk mendoakan yang terbaik buat kamu," komentar warganet.

"Benar kata orang-orang bahwa lingkungan adalah suatu hal yang sangat berpengaruh terhadap apa yang menjadi tujuan," tulis warganet di kolom komentar.

"Ga ada alasan apapun yang bisa diterima sih menurut ku," timpal lainnya.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #kuliah #luar #negeri #anak #ridwan #kamil #tiba #tiba #putuskan #buka #hijab #caraku #jujur

KOMENTAR