Bisnisnya di BSD Jadi Sorotan, Ingat Lagi Deretan Usaha Kaesang Pangarep yang Malah Gulung Tikar
Putra sulung Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep kembali membuka gerai usahanya bernama Sang Pisang di Mall Botani Square, Kota Bogor, Jawa Barat.(Suara.com/Rambiga)
08:27
2 April 2024

Bisnisnya di BSD Jadi Sorotan, Ingat Lagi Deretan Usaha Kaesang Pangarep yang Malah Gulung Tikar

Bisnis baru yang dimulai oleh Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, sedang menjadi pusat perhatian. Mereka membuka sebuah pusat kuliner yang diberi nama 'Rans Nusantara Hebat', yang memiliki kapasitas untuk menampung 2.000 orang.

Kabar tentang pembukaan ini tersebar melalui unggahan akun @Lenny_Diary di media sosial. Pusat kuliner tersebut, memiliki konsep seperti food court di luar ruangan dengan menyediakan produk-produk dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Meskipun baru dibuka, pusat kuliner ini sudah mulai ramai dengan kehadiran 121 tenant yang beroperasi mulai dari jam 10 pagi hingga malam hari. 

Kolase Raffi Ahmad dan Kaesang PangarepKolase Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep sendiri sebenarnya bukan hanya kali ini menjalankan bisnis. Sejak masih kuliah, Kaesang sempat menjalankan beberapa bisnis, mulai dari makanan dan minuman, fashion, hingga peternakan. 

Namun, memang tidak semua bisnis suami Erina Gudono itu berjalan lancar. Beberapa bisnisnya ada yang ikut gulung tikar, salah satunya akibat terdampak kondisi Pandemi Covid-19 lalu. Berikut rangkuman suara.com mengenai dereta bisnis Kaesang yang bangkrut saat Pandemi Covid-19.

1. Ternakopi

Ternakopi merupakan bisnis minuman yang menjual aneka kopi susu kekinian. Bisnis ini dibangun Kaesang bersama Gibran sejak sebelum terjadi pandemi Covid-19. Mulanya Ternakopi memiliki sekitar 40 toko yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Namun, bisnis ini telah tutup akibat tidak laku di pasaran.

2. Goola

Goola juga bisnis yang menjual produk minuman. Hanya saja aneka menu berupa minuman tradisional khas Indonesia, seperti Es Doger yang dikemas lebih modern. Saat awal didirikan, bisnis ini merupakan milik Gibran yang kemudiam diserahkan kepada Kaesang. Namun, tidak ada kejelasan apakah bisnis ini masih berjalan. Sebab, unggahan terakhir Goola di Instagram (@goola_id) pada 7 November 2020. Bahkan, tidak sedikit warganet yang mempertanyakan keberadaan bisnis ini.

3. Sang Javas

Sang Javas menjadi merek clothing line dengan gambar kecebong pada desain kaosnya. Saat pertama kali diluncurkan, merek ini berhasil menarik perhatian warganet pada saat itu. Terlebih, Kaesang dibantu mantan kekasihnya Felicia Tissue ketika mereka masih berpacaran saat berkuliah di Singapura. Nampaknya, bisnis ini terlihat sudah tidak berjalan. Sebab, unggahan terakhir Instagram Sang Javas (@sangjavas) adalah 17 Agustus 2020.

4. Madhang

Kaesang sempat meluncurkan aplikasi Madhang pada 11 Desember 2017. Aplikasi itu untuk menjembatani ibu-ibu yang jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini diklaim berhasil membantu banyak ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial. Namun, usaha yang bekerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro Semarang ini diketahui sudah tidak beroperasi. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #bisnisnya #jadi #sorotan #ingat #lagi #deretan #usaha #kaesang #pangarep #yang #malah #gulung #tikar

KOMENTAR